Lahan Milik Warga Harus Ganti Untung

“Makanya kami sangat mendukung, nah ketika ke­marin dilaksanakan di atas, kita mulai berpindah untuk mengerjakan rencana pem­bangunan jalan di wilayah utara. Tentu tujuannya untuk memberikan man­faat ekonomi dan manfaat lain termasuk upaya pen­ingkatan kesejahteraan masyarakat wilayah pesisir pantai,” ungkap Edi.

Camat Sukasari Bambang Edi Purwanto mengatakan, pihaknya sangat berba­hagia dan senang, dengan kehadiran Bupati Subang dalam rangka berdialog dengan warga terkait ren­cana pembangunan jalan menuju Patimban dari Cilamaya.

“Ini kedua kalinya Pak Bupati berdialog langsung dengan warga kami, Al­hamdulillah semoga ren­cana ini bisa terwujud dan berjalan dengan lancar,” imbuh Bambang.

Lalu, salah satu warga Endi Suhendi mengata­kan, masyarakat tentunya sangat mendukung terkait rencana pembangunan jalur Cilamaya-Patimban tersebut. Hanya saja, warga meminta agar meskipun tak ada dana untuk pem­bebasan lahan, namun setidaknya ada ganti un­tung seperti alih garapan atau kompensasi yang diberikan pada warga.

“Okelah kalau memang tidak ada ganti rugi dari pemerintah karena me­mang tidak ada dana pem­bebasannya, tapi mohon kebijakan ganti untung en­tah konsepnya seperti apa. Karena ini jadi lahan peng­hasilan kami, meskipun memang ini tanah negara,” kata Endi.

Warga lainnya yang juga menyampaikan pada Bu­pati Subang berharap pem­bangunan jalan Cilamaya Patimban tetap dilaksana­kan. Namun pemerintah juga untuk tidak meng­abaikan para petani tam­bak, yang sudah puluhan tahun menggarap lahan dan hidup dari lahan tam­bak tersebut. “Meskipun tidak banyak, tapi mohon ada kompensasi dari pe­merintah terkait dengan rencana pemakaian lahan perhutani untuk jalan ini,” katanya.

Turut mendampingi Dan­dim 0605 Subang Letkol Arhanud Edi Maryono, Kadis Kelautan dan Peri­kanan Subang, Kadis PUPR Kabupaten Subang, Sekdis Pertanian Kabupaten Sub­ang, Waka Administrasi Perhutani Purwakarta, ser­ta Muspika Kecamatan Sukasari Para Kepala Desa Kecamatan Sukasari dan warga serta para Ketua LMDH.(ygi/vry)

Tinggalkan Balasan