Tanah Papua Mutiara Hitam yang Berkilau Dikala Negara Terbenam

Layaknya kerajaan Fiksi Wakanda pada Film besutan perusahaan Marvel Studios, Tanah Papua juga dapat maju dan sejahtera. Hal ini diperkuat dari kekayaan Sumber Daya Alam dan juga Sumber Daya Manusia yang dimiliki Tanah Papua.

Terlintas pula gambaran keindahan alam bumi Papua dan juga harapan generasi muda Papua pada salah satu film buatan Indonesia pada tahun 2006 berjudul Denias, Senandung di Atas Awan.

Di dalam film ini tergambar jelas bahwa banyak harapan dan juga cita-cita yang muncul untuk masa depan tanah Papua. Sosok Denias kecil yang berjuang pantang menyerah dalam hidupnya untuk menempuh pendidikan diangkat dari sebuah kisah nyata seorang pemuda bernama Janias Miagoni yang berasal dari Papua dan mendapat beasiswa di Australia.

Keteguhan hati yang dimiliki oleh Denias laksana penggambaran generasi muda Papua yang mempunyai harapan kuat terhadap sebuah kemajuan. Film yang bersutradarakan John De Rantau ini juga memperkenalkan masyarakat awam tentang keindahan tanah Papua dan juga tradisi yang ada disana seperti upacara memakai koteka dan upacara duka mandi lumpur serta potong jari.

Mutiara Hitam yang berkilau di Tanah Papua tak hanya Sumber Daya Alamnya akan tetapi Sumber Daya Manusianya juga merupakan kebanggan Indonesia.

Dikutip dari Medcom.id Yohanes Surya yang juga dikenal sebagai fisikawan kenamaan Indonesia mengatakan bahwa generasi muda Papua tidak hanya cerdas, namun juga memiliki logika berpikir yang baik.

Bukan hanya sekedar perkataan ia pun membuktikan hal itu dengan prestasi nyata diantaranya adalah disaat Septinus Geo1rge Saa salah satu anak didiknya meraih medali emas dalam The First Step to Nobel Prize in Physics.

Prestasi lainnya disusul Anike Boawire dari Serui yang juga meraih medali emas dalam lomba yang sama di tahun berikutnya dan Yane Ansanay yang mendapat gelar Ph.D dalam bidang Fisika dari North Carolina State University 2015. Yane menjadi fisikawan wanita pertama dari Papua. Semua itu merupakan bukti nyata kilauan mutiara hitam generasi muda Tanah Papua.

Harapan, Cita-cita dan Tujuan Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur layaknya butir- butir kebanggaan yang tercantum dalam pancasila seharusnya dapat dibuat menjadi nyata melalui usaha bersama dari seluruh rakyatnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan