Rapat dengan DPR, Mulan Jameela Cecar Bos PLN

JAKARTA– Anggota DPR Fraksi Gerindra, Mulan Jameela mencecar manajemen PT PLN (Persero) dalam rapat dengan Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini di Komisi VII, DPR RI, Jakarta pada Selasa (25/8).

Mulan menyoroti persoalan utang PLN yang mencapai Rp694,79 triliun. Dia menilai, total utang yang besar tersebut bisa berdampak pada kinerja perusahaan pelat merah itu.

Mulan mengatakan, merujuk pada laporan keuangan PLN kuartal I 2020, PLN memiliki utang jangka panjang Rp537 triliun dan utang jangka pendek sebesar Rp 157,79 triliun.

“Utang perusahaan digunakan membiayai proyek infrastruktur listrik 35.000 MW, PLN tak punya dana sendiri sehingga melakukan pinjaman ke bank sebesar Rp 100 triliun dengan tujuan membangun listrik,” ujar Mulan Jameela.

Dengan konsidi keuangan yang tidak sehat itu, Mulan kemudian mempertanyakan kesanggupan PLN dalam menjami ketersediaan listrik secara Nasional.

“Dengan kondisi keuangan seperti ini tentu mengagetkan dan tidak sehat. Yang ingin saya tanyakan dengan kondisi ini bisa kah PLN menjamin ketersediaan listrik nasional tanpa harus menaikkan tarif listrik kepada masyarakat karena terus terang pada kenyataannya kenaikan tarif listrik menjadi hal yang meresahkan,”katanya.

“Apa langkah yang akan dilakukan PLN untuk mengatasi utang tersebut?” tandasnya.

Merespons itu, Dirut PLN, Zulkifli Zaini mengungkapkan komitmen PLN dalam menjaga keuangan PLN di situasi sekarang ini.

“Mengenai utang kami, utang jangka panjang Rp 530 triliun, utang jangka pendek Rp 150 triliun lebih, kami sangat paham dengan itu dan memang situasi seperti ini komitmen kami adalah menjaga sustainability keuangan PLN terjaga dengan baik,” paparnya. (dal/fin)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan