Jalan di Wilayah Cianjur Selatan Gelap, PJU Sangat Minim

CIANJUR – Kepa­la Seksi Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Cianjur, Nurman Maksim Ishak menyebut wilayah Cianjur Selatan menjadi dae­rah yang paling kekurangan penerangan jalan umum (PJU).

“Kami memang membu­tuhkan PJU yang banyak. Namun, terkendala anggaran yang terbatas. Maka dari itu, kita sesuaikan skala pri­oritas, yaitu khusus ruas ja­lan kabupaten. Bukan jalan desa, provinsi, atau nasional karena itu kewenangannya berbeda,” kata dia kepada Wartawan, kemarin (24/8).

Ia mengatakan, wilayah Cianjur Selatan menjadi dae­rah yang paling kekurangan PJU. Meskipun demikian, sudah ada beberapa titik yang dipasang PJU walau belum merata.

“Karena ada bantuan dari Kementerian SDM, cuma di ruas jalan tertentu. Bentukn­ya tenaga surya,” kata dia.

Selain itu, terhitung ada 3.650 PJU yang dikelola oleh Dishub Cianjur. Sebanyak 1.601 merupakan lampu jenis Sodium Tekanan Tinggi (SON). Sementara 1.649 lain­nya merupakan lampu jenis LED. Untuk pembayaran listrik pun fluktuatif.

“Pembayaran fluktuatif tergantung meteran yang dikeluarkan langsung sama PLN kalau sampai sekarang kurang lebih di angka Rp250 juta perbulan terkait pem­bayarannya. Tergantung pemakaiannya. Tergantung charter dari PLN,” jelas dia.

Dirinya menyebut, sistem tagihan listrik untuk PJU sama seperti sistem penagi­han listrik PLN pada um­umnya. Bahkan, ia men­gungkapkan tagihan listrik PJU sempat mencapai angka Rp600 juta perbulan.

“Awalnya tagihan itu bisa sampai Rp600 juta perbu­lan, tapi karena kita punya program penggantian dari lampu SON ke LED. Alham­dulillah bisa diminimalisir jadi Rp250 juta,” jelas dia.

Terkait jam aktif lampu PJU, ia mengatakan, pihaknya mempunyai komponen ber­nama LDR yang bisa mem­buat lampu menyala otoma­tis sesuai jam dan cuaca.

“Biasanya dari jam 6 (sore) sampe jam 6, tapi disesuai­kan dengan cuaca. Kalau mendung itu otomatis men­yala, kalau cuaca terang itu mati dengan sendirinya. Ada komponen salah satunya LDR,” pungkasnya.(job3/sri)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan