KAI Daop II Tambah Frekuensi Perjalanan KA Jarak Jauh

BANDUNG – Menyambut liburan akhir pekan yang cukup membuat PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) II menambah frekuensi perjalanan Kereta Api Jarak Jauh pada periode 19-31 Agustus 2020.

Pada Agustus ini, tercatat volume penumpang KA Jarak Jauh mencapai 21.463 orang, atau meningkat sekitar 64 persen dibanding Juli yang hanya sebanyak 13.060 penumpang.

Penambahan frekuensi KA dilakukan guna mengantisipasi peningkatan jumlah pelanggan kereta api pada saat libur akhir pekan. Kereta yang ditambah tersebut meliputi KA Harina relasi Bandung-Surabaya Pasarturi yang berjalan mulai 19-31 Agustus 2020.

Selanjutnya KA Mutiara Selatan relasi Bandung- Malang yang berjalan 19-24 Agustus dan 27-31 Agustus 2020. KA 103 Mutiara Selatan relasi Bandung – Gambir mulai 20-25 Agustus dan 28 – 30 Agustus 2020. Terkahir KA Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng pada 20-23 Agustus dan 28 – 30 Agustus 2020.

”Penambahan ini bertujuan untuk mengakomodir pelanggan yang ingin bepergian menggunakan kereta api pada libur panjang ini. Sebelumnya KA Harina hanya berjalan setiap hari Jumat, maka sekarang berjalan setiap hari melayani masyarakat dari wilayah Bandung menuju Cirebon, Tegal , Pekalongan, Semarang Tawang dengan tujuan akhir  Stasiun Surabaya Pasarturi,” terang Noxy Citrea, Manajer Humas PT KAI Daop 2, Kamis (20/8).

Dia menuturkan pemesanan tiket dapat dilakukan mulai H-7 sebelum keberangkatan di aplikasi KAI Acces, web KAI dan seluruh channel penjualan resmi tiket KAI lainnya. Pemesanan pada loket di stasiun hanya dilayani tiga jam sebelum jadwal keberangkatan.

”Sementara itu, KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam perjalanan seperti mensyaratkan surat keterangan bebas Covid-19, wajib memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, dan sesak nafas), serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang,” tuturnya.

Menurutnya, KAI juga menyediakan pelayanan rapid test di stasiun Bandung yang dibuka mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Noxy mengimbau agar calon penumpang yang sudah memiliki kode booking melaksanakan pemeriksaan rapid test sehari sebelum keberangkatan.

Selain itu, pada saat hari keberangkatan, calon penumpang diimbau tiba di stasiun 30 menit sebelum jam keberangkatan kereta untuk melakukan pemeriksaan kelengkapan persyaratan naik kereta api.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan