Robert Sambut Regulasi Lima Kali Pergantian Pemain

BANDUNG– Pelatih Persib Bandung Robert Alberts angkat bicara terkait rencana PSSI melakukan perubahan regulasi untuk pergantian pemain dalam lanjutan Liga 1 2020.

Berdasarkan regulasi tersebut, rencananya, tim diperbolehkan melakukan 5 kali rotasi pemain dalam pertandingan. Padahal dalam regulasi sebelumnya, pergantian pemain dilakukan maksimal 3 kali dalam sebuah pertandingan.

Regulasi ini disiapkan konon untuk mengantisipasi pemain agar tak mengalami kelelahan. Pasalnya, saat kompetisi bergulir di tengah pandemi, klub tidak boleh mempergunakan transportasi udara untuk melakukan pertandingan tandang. Artinya, setiap tim peserta harus melakukan perjalanan darat dengan bus untuk melakukan lawatan dari satu kota ke kota lain.

“Saya pikir itu akan dibutuhkan, jika apa yang saya dengar, rencananya semua tim harus melakukan perjalanan menggunakan bus. Dibutuhkan banyak pemain dan pergantian pemain,” kata Robert usai memimpin sesi latihan, di Stadion GBLA, dilansir dari Ayobandung.com, Selasa (18/8).

Melihat proposal jadwal liga sejauh ini pelatih asal Belanda itu juga menilai, jadwal lanjutan Liga 1 akan sangat padat. Klub harus menyelesaikan 31 pertandingan yang tersisa di lanjutan kompetisi ini dari rentan waktu 1 Oktober hingga Februari 2021.

“Karena digelar pada Oktober hingga Februari dengan memainkan 31 pertandingan, ada 6-7 pertandingan dalam 1 bulan. Dan jika melakukan perjalanan menggunakan bus artinya dibutuhkan waktu sekitar 10 jam. Itu akan sangat mempengaruhi kelelahan dari pemain resiko cedera. Jadi saya menunggu informasi resmi soal itu,” kata Robert.

Namun melihat kondisi yang ada, pelatih berusia 65 tahun itu menyebut regulasi pergantian 5 kali pemain dalam satu pertandingan cukup masuk akal saat tim peserta diwajibkan melakukan perjalanan tandang hanya menggunakan bus.

“Jika ini benar terjadi, maka kami harus melakukan persiapan yang bagus. Bagaimana pemain siap menghadapi pertandingan, dan pergantian hingga lima pemain itu masuk akal,” ujarnya. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan