KPU Kabupat­en Karawang Targetkan 75 Persen Partisipasi Pemilih

KARAWANG-Komisi Pemi­lihan Umum (KPU) Kabupat­en Karawang, menargetkan 75 persen partisipasi pemilih dalam Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Angka terse­but lebih besar dari partisi­pasi pemilih di Pilkada 2015 yang hanya mencapai 66 persen.

Komisioner KPU Karawang, Ikmal Maulana mengatakan, secara Nasional KPU menar­getkan 77,5 persen partisipasi pemilih pada Pilkada seren­tak 2020. “Target KPU Kara­wang 75 persen. Angka ini memang lebih rendah dari target Nasional, tapi ini tar­get realistis di Karawang, ujarnya.

Dikatakan, KPU sudah menyelesaikan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dilaksanakan sejak 15 juli hingga 13 Agustus 2020. Namun, pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Karawang yang digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Kalau melihat dari formu­lir coklit saat ini ada 1.707.121 pemilih di Karawang. Pemu­tahiran data pemilih nanti akan dilakukan pada 5 Sep­tember hingga 16 Oktober 2020,” paparnya.

Berkaitan dengan pro­gram sosialisasi pada masa pandemik Covid-19 ini, lanjut Ikmal, beberapa keg­iatan tidak bisa dilaksana­kan karena tidak adanya persetujuan dari pemer­intah daerah. Hal itu pun membuat KPU harus mem­utar otak untuk menyusun kembali sejumlah program sosialisasi yang efektif dan tidak melanggar protokol kesehatan.

“Sosialisasi tatap muka tetap kami lakukan, namun hanya dengan kelompok-kelompok masyarakat. Se­bagian besar sosialisasi kami alihkan ke digital dan melaui media massa,” tandasnya.(use/vry)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan