Revitalisasi Pasar Segera Terealisasi

NGAMPRAH – Para pedagang di Pasar Tagog Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, beralih ke bahu jalan untuk berjualan selama proses revitalisasi pasar sedang berlangsung.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna mengatakan keputusan tersebut diambil agar pelaksanaan pembangunan pasar Tagog Padalarang dapat segera direalisasikan pada bulan September 2020 mendatang.

”Pembangunan Tempat Pasar Sementara (TPS) sudah disepakati oleh paguyuban pasar dan para pedagang. Jadi nanti pedagang pindah dulu ke jalan selama revitalisasi,” kata Umbara saat ditemui, Senin (3/8).

Rencananya TPS tersebut akan dibangun di sepanjang Jalan Raya Tagog yang diperuntukkan bagi pedagang yang terdampak selama proses pembangunan berlangsung. ”Barusan Pak Kapolres Cimahi sudah mantau juga, jika sudah tertata rapih akan mengurangi kemacetan karena tidak akan terlalu semerawut,” jelasnya.

Umbara menyebut, pihaknya yakin pembangunan pasar Tagog Padalarang akan selesai tepat waktu dan kemacetan pun tidak akan berlangsung berlarut-larut.

”Sepanjang tahun pasar ini selalu macet, mudah-mudahan sudah pembangunan pasar tersebut kemacetan akan berkurang,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya pun meminta masyarakat untuk bersabar selama proses pembangunan pasar tersebut berlangsung lantaran tidak menutup kemungkinan kemacetan terjadi. ”Sekarang pembangunan pasar hanya satu tahun, jika tidak segera dibangun kemacetan akan terus terjadi berlarut larut,” akunya.

Ditempat sama, Direktur Operasional PT Bina Bangun Persada, Engkus Kusnadi menjelaskan hal pertama yang akan diprioritaskan yakni membangun kios bagi para pedagang.

”TPS akan segera bangun karena pedagang harus tetap berjualan, kita akan menggunakan satu meter bahu jalan untuk tempat penjualan mereka,” terangnya.

Saat ini pihaknya tengah mendata para pedagang yang akan berjualan di TPS tersebut. Sejauh ini berdasarkan data yang diperoleh pihaknya akan menyediakan sekitar 900 kios.

”Pembangunan TPS akan selesai sekitar satu bulan ke depan. Agar proses pembangunan pasar cepat dilakukan kita persiapkan pemindahan pedagang dari sekarang,” pungkasnya. (mg6/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan