Jokowi: Delapan Provinsi Jadi Prioritas Penanganan Covid-19

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendesak Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional untuk memprioritaskan Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Papua dalam menangani COVID-19.

“Di bidang kesehatan, saya mengingatkan Anda untuk memprioritaskan delapan provinsi dalam penanganan (pandemi),” Jokowi menyatakan dalam arahannya kepada komite di sini pada hari Senin.

Jokowi menunjukkan bahwa 78 persen kasus COVID-19 di seluruh negeri ditemukan di delapan provinsi ini.

“Targetnya jelas, untuk mengurangi tingkat fatalitas ke level terendah, meningkatkan jumlah pemulihan ke level tertinggi, dan mengekang kenaikan kasus positif sesegera mungkin,” kepala negara menekankan.

Presiden menekankan untuk mengambil langkah besar dan agresif pengujian, penelusuran, dan pengobatan, atau disebut 3T, untuk menangani pandemi COVID-19.

“Di lapangan, jika kita menghadapi masalah dalam pasokan test kit dan perangkat PCR serta dalam hal kapasitas laboratorium, alat pelindung diri, dan fasilitas kesehatan lainnya di rumah sakit, maka selesaikan dengan cepat. Ada kebutuhan mendesak untuk komunikasi yang efektif dengan rumah sakit, masyarakat, dan pemerintah daerah, “katanya.

Sebelumnya, pada pertemuan terbatas yang dihadiri oleh para menteri kabinet untuk membahas percepatan langkah-langkah penanganan COVID-19, presiden meminta otoritas untuk mengintensifkan pengujian penyakit virus korona dengan menyiapkan lebih banyak laboratorium serta laboratorium bergerak.

“Untuk pengujian (coronavirus), kita membutuhkan lebih banyak alat tes PCR (polymerase chain reaction) dan menyiapkan lebih banyak laboratorium di daerah dan laboratorium bergerak. Saya optimis bahwa kita akan dapat memenuhi target untuk menyediakan 30 ribu (laboratorium),” katanya. berkomentar.

Kepala negara menyoroti pentingnya melacak dan memantau orang yang berisiko terkena penyakit coronavirus.

Hingga Minggu (27 Juli), jumlah pasien COVID-19 di Indonesia telah mencapai 98.778, dengan 56.655 pemulihan dan 4.781 kematian.

Virus ini telah menyebar ke provinsi-provinsi di Indonesia, dengan jumlah kasus tertinggi yang tercatat di Jawa Timur, mencapai 20.539, diikuti oleh 19.125 di Jakarta, 8.881 di Sulawesi Selatan, 8.412 di Jawa Tengah, 6.039 di Jawa Barat, 6.039 di Jawa Barat, 5.656 di Kalimantan Selatan, 3.390 di Sumatera Utara, dan 2.889 di Papua. (ant)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan