Survei Charta Politika Emil Jadi Terbaik Dalam Penanganan Covid-19

BANDUNG – Berdasarkan hasil survei Charta Politika, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinilai publik memiliki kinerja terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menuturkan, dari jawaban pertanyaan terbuka, (Top of mind) Ridwan Kamil mendapat 15,6 persen, diikuti Ganjar Pranowo 13,4 persen dan Anies R Baswedan 11,8 persen. Dibawahnya terpaut cukup jauh ada Khofifah Indar Parawansa 5,1 persen dan Tri Rismaharini 2,2 persen.

Dilihat dari tren elektabilitasnya, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo mendapat kenaikan paling besar dalam tiga bulan terakhir.

Elektabilitas Ridwan Kamil pada bulan Mei baru 7,2 persen, pada bulan Juli naik menjadi 10,1 persen. Sedangkan Ganjar Pranowo di bulan Mei elektabilitasnya 13,3 persen, naik menjadi 15,9 persen di bulan Juli.

“Nampaknya penanganan pandemi ini menjadi panggung besar untuk RK dan Ganjar,” ungkap Yunarto.

Survei dilakukan Charta Politika melalui telepon, dengan sampel sebanyak 2.000 responden yang dipilih secara acak dari kumpulan sampel acak tatap muka yang pernah dilakukan Charta Politika dalam dua tahun terakhir.

’’Survey juga menggunakan asumsi simple random sampling, dengan toleransi kesalahan (margin of error MoE) +- 2,19%  pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95%,’’pungkas Yunarto.

Seperti diketahui beberapa kepala daerah saat ini tengah digadang-gadang untuk maju sebagai calon presiden 2024. Penilaian publik terhadap kinerja kepala daerah dalam penanganan Covid 19 ini, sejalan dengan tren peningkatan elektabilitas kepala daerah tersebut sebagai sebagai sosok calon presiden. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan