SMP IT Insan Sejahtera Hadirkan Green Project Collaborative Learning

SUMEDANG — Mengawali tahun pelajaran baru 2020/2021, khususnya di era pandemi Covid-19, merupakan tantangan tersendiri bagi sekolah. Sebab, setelah lebih dari empat bulan lamanya siswa hanya melakukan pembelajaran secara online.

Tentu perlu kreativitas dan inovasi dari pihak sekolah agar semangat belajar siswa dapat kembali naik setelah mengalami kejenuhan sebagai efek dari kegiatan belajar di rumah.

Di balik hal itu, SMP IT Insan Sejahtera sebagai salah satu SMP di Sumedang ini, memiliki cara tersendiri untuk menaikkan kembali minat belajar siswa yakni dengan membuat pembelajaran berbasis project pada awal tahun pelajaran baru ini. Pembelajaran yang dinamai Green Project Collaborative Learning ini merupakan inovasi model pembelajaran berbasis project dengan melibatkan keaktifan siswa di rumah dengan mengangkat tema kepedulian terhadap lingkungan dengan prinsip reduce, reuse, and recycle.

“Green Project ini bertujuan untuk meningkatkan kembali semangat belajar siswa agar tetap kreatif, inovatif dan berpikir kritis. Project ini juga kami titik beratkan pada permasalahan lingkungan agar para siswa memiliki rasa peduli yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya,” jelas Tryana Permanasari, Wakasek Bidang Kurikulum SMP IT Insan Sejahtera.

Tryana mengungkapkan, project ini juga memadukan beberapa pelajaran diantaranya IPA, matematika, IPS serta Bahasa Indonesia. “Hal yang menjadi tantangan sekolah pada pembelajaran jarak jauh atau secara online yaitu membangun engagement atau keterikatan antara guru dan siswa, karena tanpa bertatap muka tentu siswa menjadi lebih sulit untuk dijangkau. Kami juga khawatir siswa akan bosan jika di awal tahun pelajaran baru ini siswa langsung diberi format pembelajaran online seperti KBM online di akhir tahun pelajaran kemarin, karenanya kami membuat Green Project ini di awal” tutur Restu Wibisono, Kepala SMP IT Insan Sejahtera.

“Alhamdulillah sebelumnya kami juga telah mengadakan MPLS secara online dengan serangkaian kegiatan yang menarik dan kekinian, acara ini kami beri nama OASIS (Orientation Activities of Student SMP IT Insan Sejahtera). Beberapa acara dalam OASIS yaitu Wisata Virtual Sekolah, OASIS Award, OASIS Mission, dan InspiraTalk (talkshow interaktif) dengan menggunakan media Zoom dan Instagram dan disiarkan secara langsung melalui akun Facebook dan Instagram sekolah,” tambah Restu. (bay)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan