oleh

Punya Tunggakan BPJS Kesehatan? Cukup Bayar Iuran 6 Bulan Kartu Langsung Aktif

BANDUNG – Bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang memiliki tunggakan iuran saat ini tidak perlu khawatir. Sebab, pemerintah telah memberikan program keringanan iuran untuk segmen peserta pekerja bukan penerima upah (PBPU), bukan pekerja (BP) serta pekerja penerima upah (PPU) badan usaha.

Kepala Cabang BPJS Bandung, Mokhamad Cucu Zakaria menuturkan, pemberian relaksasi pembayaran tunggakan iuran di tengah pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga:  BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jabar Tingkatkan Pelayanan di Masa Pandemi

’’Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 64 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan,’’tutur Cucu kepada wartawan di Bandung, (10/8)

Selain memberikan keringan finansial peserta JKN-KIS, kata dia, program relaksasi tunggakan ini memberikan peluang agar kepesertaan program JKN-KIS tetap aktif dan mendapatkan pelayanan kesehatan.

Bagi peserta kartu BPJS yang memiliki tunggakan dan ingin kartu BPJS Kesehatannya aktif maka peserta BPJS itu tidak perlu melunasi hutangnya secara keseluruhan. Akan tetapi, peserta BPJS hanya cukup membayar iuran selama 6 bulan saja.

Baca Juga:  BPJS Harus Ikut Andil dalam Penanganan Covid-19

“Kalau sebelumnya peserta yang mempunyai tunggakan dan ingin Kartu BPJS Kesehatannya aktif harus dilunasi terlebih dahulu, dengan program relaksasi ini masyarakat yang punya hutang di atas 6 bulan bisa membayar 6 bulan saja dan kartu BPJS Kesehatannya langsung aktif,” ujarnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 komentar

  1. Assalamualaikum..
    Sy hasnawati.
    Dari konfirmasi k BPJS Sulawesi tengah/tolitoli.kata tidak ada kebijakan atau keringann pebayarn 6 bulan BPJS langsug aktif.terimah kasi mohon konfirmasinya

Baca Juga