Mengenal Podcast yang Semakin Populer

 

Oleh: Rury Yuliatri

SAAT ini, kata atau istilah podcast tak lagi asing terdengar di telinga kita. Di kalangan anak muda, podcast sudah begitu populer. Bagi penggemar podcastpodcast adalah cara mereka untuk menikmati konten menarik dari seluruh dunia secara gratis. Sedangkan bagi penerbit podcastpodcastadalah cara yang sangat efektif untuk menjangkau banyak pendengar.

Podcast dalam bahasa Indonesia memiliki padanan kata siniar. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), siniar adalah telekom siaran (berita, musik, dan sebagainya) yang dibuat dalam format digital (baik audio maupun video) yang diunduh melalui internet.

Secara umum, podcast adalah sebuah rekaman audio yang dapat didengar oleh semua orang. Pada hakikatnya, podcast tidak jauh berbeda dengan radio. Kendati demikian, antara podcast dan radio memiliki perbedaan yang signifikan.

Di era yang serbadigital saat ini, banyak sekali podcast bermunculan dengan beragam topik yang dibicarakan. Topik podcast sendiri bermacam-macam, mulai dari travelling, musik, entertainment, olahraga, dan lain-lain.Podcast pun terbagi dalam beberapa tipe. Saat ini, yang tengah populer adalah podcast interview. Podcast ini menggunakan format seperti sedang interview atau wawancara.

Biasanya, pada podcast interview akan ada host yang bertanya kepada narasumber atau tamu yang berbeda-beda di setiap episode. Format seperti ini populer di kalangan podcaster karena tidak memerlukan teknik dasar yang spesifik.

Namun, dalam podcast interview, kita harus mempunyai soft skill, seperti keterampilan wawancara, public speaking, dan lain-lain karena hal ini membuat obrolan terlihat menarik dan pendengar pun tidak merasa bosan.

Melansir qwords.com, jika kita ingin ikut meramaikan topik di podcast, kita bisa bertukar ilmu dan sharingtentang apa saja di podcast. Namun, topik yang disampaikan harus kita kuasai sehingga pembahasan bisa lebih mendalam dan orang lain pun akan tertarik mendengarkan.

Oh iya, salah satu tips mengelola podcast yang baik dan benar adalah terus berusaha update ilmu pengetahuan kita seputar topik yang disampaikan. Jika ingin sukses di dunia podcast, kita perlu telaten menjalaninya. Bila dalam sekali unggah pendengar podcast kita belum banyak, cobalah lebih kreatif dalam menyampaikan topik. Usahakan selalu update episode sehingga jumlah pendengar di platform kita terus bertambah. Yang tak kalah penting adalah konsistensi. Karena, konsisten adalah kunci dari kesuksesan dalam dunia podcast. (dsdkjbr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan