oleh

Mengenal Podcast yang Semakin Populer

 

Oleh: Rury Yuliatri

SAAT ini, kata atau istilah podcast tak lagi asing terdengar di telinga kita. Di kalangan anak muda, podcast sudah begitu populer. Bagi penggemar podcastpodcast adalah cara mereka untuk menikmati konten menarik dari seluruh dunia secara gratis. Sedangkan bagi penerbit podcastpodcastadalah cara yang sangat efektif untuk menjangkau banyak pendengar.

Podcast dalam bahasa Indonesia memiliki padanan kata siniar. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), siniar adalah telekom siaran (berita, musik, dan sebagainya) yang dibuat dalam format digital (baik audio maupun video) yang diunduh melalui internet.

Secara umum, podcast adalah sebuah rekaman audio yang dapat didengar oleh semua orang. Pada hakikatnya, podcast tidak jauh berbeda dengan radio. Kendati demikian, antara podcast dan radio memiliki perbedaan yang signifikan.

Di era yang serbadigital saat ini, banyak sekali podcast bermunculan dengan beragam topik yang dibicarakan. Topik podcast sendiri bermacam-macam, mulai dari travelling, musik, entertainment, olahraga, dan lain-lain.Podcast pun terbagi dalam beberapa tipe. Saat ini, yang tengah populer adalah podcast interview. Podcast ini menggunakan format seperti sedang interview atau wawancara.

Biasanya, pada podcast interview akan ada host yang bertanya kepada narasumber atau tamu yang berbeda-beda di setiap episode. Format seperti ini populer di kalangan podcaster karena tidak memerlukan teknik dasar yang spesifik.

Namun, dalam podcast interview, kita harus mempunyai soft skill, seperti keterampilan wawancara, public speaking, dan lain-lain karena hal ini membuat obrolan terlihat menarik dan pendengar pun tidak merasa bosan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga