oleh

Cita Rasa Kuliner Indonesia Bisa Mendunia

JAKARTA – Cita rasa kuliner Indonesia memang tidak kalah dengan makanan dari penjuru dunia lainnya. Terkait hal itu, Ayu Azhari mengungkapkan, kuliner Indonesia bisa mendunia jika dikelola dengan baik dan mendapat dukungan serius dari pemerintah.

Keyakinan tersebut bisa terbentuk karena Ayu Azhari merasakan sendiri betapa lezatnya kuliner-kuliner yang ada di Indonesia. Dia pun membuat perbandingan. Makanan yang sama tapi berkembang dalam wilayah dan budaya berbeda, maka cita rasanya juga berbeda.

“Kuliner Indonesia bukan hanya beragam jenisnya, tetapi mempunyai rasa yang di setiap daerah ada khasnya. Sama-sama gudeg misalnya. Tetapi gudeg orang Sunda dan Jawa beda rasanya tetapi sama lezatnya,” kata Ayu Azhari.

Istri Mike Tramp ini juga membandingkan pempek Bangka dan Palembang. Meskipun sama-sama pempek, tapi rasanya tentu saja berbeda. Pempek Bangka bahannya menggunakan ikan laut. Sementara Pempek Palembang lebih banyak menggunakan ikan sungai.

“Kita dengan mudah bisa kenali bahwa yang ini Pempek Palembang dan ini Pempek Bangka. Semua tergantung daerah dan masyarakatnya,” uranya.

Ayu Azhari mengagumi banyaknya jenis kuliner yang berkembang di berbagai daerah di tanah air. Bagi perempuan berhijab itu, makanan Indonesia bisa dijadikan senjata dan strategi diplomasi untuk mempererat hubungan dengan negara-negara lain.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga