Meski Tanpa Penonton, Derby Merseyside Siap Berlaga

London Laga pertama Liverpool kini di restart kompetisi bertajuk derby Merseyside. Ya, tim sekota yakni Everton menjadi lawan The Reds Liverpool. Duel akan berlangsung di Goodison Park pada Senin (22/6) mendatang. Demi protokol kesehatan, laga akan diadakan tanpa penonton. Meski demikian, duel Merseyside ke-46 dipastikan bakal menyedot animo besar dari suporter kedua kesebelasan untuk hadir di sekitaran stadion.

Animo terbesar datang dari para The Kop-julukan fans Liverpool. Bukannya tak mungkin The Reds akan mengangkat Piala EPL dalam laga tersebut. Pasalnya, skuat Jurgen Klopp unggul 25 poin di puncak klasemen. Namun ada syaratnya. Pesta kemenangan bisa langsung dihelat jika Manchester City kalah dari Arsenal sehari sebelumnya. Otomatis, Salah dan kolega bisa meraih gelar pertama liga dalam 30 tahun andai mampu membekap the Toffees-julukan Everton.

Namun banyak yang meminta agar pesta tak digelar di sana. Sebelumnya, Kepolisian Nasional Inggris menyarankan pertandingan dilangsungkan di tempat netral. Dilansir dari Dailymail, pihak kepolisian menyebut derby itu sebagai laga dengan risiko tinggi, namun mereka menegaskan tidak keberatan pertandingan digelar di Goodison Park sesuai rencana. Permasalahan tersebut akan dibahas secara lebih mendalam pada awal pekan ini.

Beruntung, pihak Pemerintah Kota Liverpool akhirnya memberikan lampu hijau agar laga di Goddison Park bisa dilakukan. Wakil Walikota Liverpool dan juga ketua Ground Safety Advisory Group (GSAG) Wendy Simon mengatakan, situasi sudah terkendali. ”Kami puas bahwa sudah ada bukti bahwa pemerintah, Everton dan Liverpool, fans dan juga Kepolisian Merseyside sudah memastikan bahwa laga tetap aman baik di Goodison Park dan Anfield (kandang Liverpool),” ujarnya.

Pemberian izin itu dilakukan setelah Dewan Kota Liverpool mengadakan pertemuan pada Senin (8/6) lalu. Laga bisa digelar di Goodison Park, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. ”Meski laga nanti tanpa ada penonton kami yakin semua fans memahami dampak yang merugikan jika mereka datang ke stadion,” jelasnya.

”Saya yakin para penggemar kedua tim akan menyambut rekomendasi ini. Mereka sudah bersiap di depan televisi. Ya, laga ini pun akan disiarkan langsung secara gratis di semua TV untuk pertama kalinya sejak Liga Premier dimulai,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan