123 Tenaga Medis Positif Korona

Emil menyatakan, penurunan Rt tidak lepas dari pengetesan masif yang dilakukan gugus tugas provinsi. Sejauh ini, kata ia, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar sudah mengetes sebanyak 160.000. Riciannya, 120 ribu rapid test dan 40 ribu tes swab.

Sementara, di tengah wabah korona, solidaritas sosial masyarakat Jawa Barat (Jabar) bertumbuh subur. Masyarakat tergerak untuk membantu sesama yang terdampak COVID-19, sekaligus berkontribusi mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi.

Ketua Divisi Kemitraan dan Penggalangan Bantuan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Dani Ramdan mengatakan, bantuan masyarakat, baik yayasan, perusahaan, lembaga, dan perorangan, untuk penanggulangan COVID-19 di Jabar terus mengalir dari waktu ke waktu.

“Kami mencatat ada 78 perusahaan, 46 organisasi kemasyarakatan, dan 15 pemerintah sahabat, dan NGO luar negeri yang telah menyampaikan bantuan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar. Itu belum dari peorangan,” kata Dani.

Dani menyatakan, solidaritas sosial masyarakat Jabar yang sudah terbentuk lama dikoordinasikan dengan baik oleh Gugus Tugas Provinsi agar gerakan sosial masyarakat berjalan optimal dan sistematis. Salah satunya menyajikan data via website PIKOBAR terkait barang yang dibutuhkan untuk penanganan COVID-19 dan jumlah bantuan yang masuk.

“Kami berkirim surat kepada organisasi dan pihak-pihak lainnya. Untuk mengetahui detail berapa barang, kita punya web bisa diakses masyarakat, barang-barang yang kita butuhkan, berapa banyak yang sudah ada di Gugus Tugas. Nanti masyarakat bisa memberikan bantuan yang sesuai dengan jenis kebutuhan,” tandasnya. (bbs/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan