Tiga Pasar di Bandung Ditutup Setelah Ada 4 Orang Pedagang Dinyatakan Positif Covid-19

BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung (Pemkot) mulai hari menutup tiga pasar di antaranya Pasar Leuwipanjang, Haur Pancuh, dan Pasar Sedang Serang setelah diketahui ada empat pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, ada empat pedagang yang positif, di Pasar Haurpancuh satu orang, Pasar Leuwi Panjang dua orang, Pasar Sadang Serang satu orang.

Ia menjelaskan, empat pedagang tersebut dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan serangkaian test, mulai dari rapid test hingga Polymerase Chain Reaction (PCR) selama Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) Proporsional.

’’Jadi, Pemkot melalui Dinas Kesehatan langsung melakukan sejumlah pengetesan kepada seluruh pedagang yang berada di tiga pasar itu,’’jelas Oded ketika ditemui di Balai Kota Bandung. Senin, (9/6).

Dia menuturkan, atas kejadian itu, dapat menjadi pelajaran bagi masyarakat Kota Bandung. Karena meski hanya satu orang yang positif, maka dapat berdampak keseluruhan.

“Perilaku kita di ruang publik akan berdampak pada kawasan itu secara keseluruhan, walau satu atau dua orang kena (Covid-19), akan berdampak secara keseluruhan,” kata Oded.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita memastikan untuk rapid test pihaknya telah melakukan terhadap 1.044 pedagang dari 43 pasar.

“Dari hasil itu, ada 45 pedagang yang reaktif, dari 45 yang reaktif itu ditindaklanjuti dengan swab test, lalu ada empat orang yang positif langsung dilakukan isolasi mandiri,” kata Rita.

Pihaknya juga sudah melakukan tracing siapa saja yang berinteraksi erat dengan keempatnya untuk selanjutnya dilakukan rapid test.

Dia mengimbau, masyarakat yang sempat berbelanja di tiga pasar tersebut dalam dua minggu terakhir untuk melakukan isolasi mandiri atau melapor kepada puskemas terdekat bila mengalami gejala khas Covid-19.

“Kita lacak, kemana saja mereka saat dagang, kita cek semua anggota keluarganya,” tutup Rita. (mg7/yan)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan