PSI Gelar Donor di Hari Kelahiran Pancasila

BANDUNG – Pada 1 Juni 1945, di hadapan sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau lebih dikenal dengan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan, Bung Karno memaparkan konsep dan rumusan awal “Pancasila” sebagai dasar negara Indonesia. Badan ini bersidang dari tanggal 29 mei hingga 1 Juni 1945 di gedung Chuo Sangi In, jalan Pejambon 6 Jakarta yang kalau pada zaman Belanda merupakan gedung Volksraad (Perwakilan Rakyat) bentukan Belanda.

Pancasila kemudian diterima secara aklamasi oleh BPUPKI yang kemudian ditindaklanjuti dengan pembentukan panitia kecil untuk menyusun Undang-Undang Dasar dengan berpedoman kepada pidato Bung Karno tersebut. 9 orang ditunjuk sebagai panitia perumus, yakni Bung Karno sendiri, Bung Hatta, AA Maramis, Abikoesno Tjokrosoejoso, Abdul Kahar Muzakir, Agus Salim, Achmad Soebardjo, Wahid Hasjim dan M. Yamin.

Pada sidang PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) tanggal 18 Agustus 1945, Pancasila disahkan sebagai dasar negara Indonesia merdeka dan dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945.

Pada hari ini (1 Juni 2020) dalam suasana pandemi wabah Covid-19, lahirnya Pancasila diperingati oleh DPW Partai Solidaritas Indonesia Jawa Barat dengan menyelenggarakan program “Donor Darah Solidaritas”.

“Untuk kader-kader PSI di sekitaran Bandung Raya, donor darah di pusatkan langsung di kantor Palang Merah Indonesia, di Jalan Aceh, Kota Bandung,” jelas Ilham Munazat koordinator kegiatan.

Sementara itu, Ketua DPW PSI Jawa Barat, Furqan AMC menyebutkan, jika seluruh kader PSI di Jawa Barat dihimbau untuk menyelenggarakan “Donor Darah Solidaritas” di masing-masing kota. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan secara reguler setiap beberapa bulan sekali. Selain menyehatkan secara fisik, kegiatan donor darah juga bagus untuk menumbuhkan sikap solidaritas kader.

“Solidaritas sesungguhnya adalah jalan untuk mempraktekkan Pancasila karena sejatinya pancasila itu adalah gotong royong. Dengan solidaritas senasib sepenanggungan, rakyat Indonesia bergotong royong mewujudkan kemerdekaan Indonesia dan juga menginspirasi kemerdekaan bangsa-bangsa Asia Afrika melalui Konferensi Asia Afrika tahun 1955,” tegas Furqan AMC yang juga aktivis 98 ini. (tur/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan