oleh

Mensos RI Pantau Langsung Bantuan Tunai di Cikalongwetan KBB

CIKALONGWETAN – Masyarakat Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), yang terdampak Corona Virus Disease (Covid-19) menerima bantuan dari pemerintah.

Penyerahan bantuan tersebut dipantau langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhajir Effendy dan Menteri Sosial Juliari P. Batubara.

“Hari ini kami menyerahkan sekaligus memantau bantuan pemerintah yang mencakup bantuan Kartu Keluarga Sejahtera, bantuan sosial tunai, dan bantuan sosial sembako,” kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendy kepada wartawan, Jumat (29/5).

Menurut Muhadjir, penyerahan bantuan di Jawa Barat terbilang lambat karena awal Idul Fitri baru terealisasi sekitar 27%. Alasannya karena luas wilayah dan medan yang sulit sehingga menghambat aksesibilitas penyaluran.

Namun sekarang, setelah diintensifkan progres penyerahan bantuan di Jawa Barat sudah mencapai 80%. Bantuan ini akan berlangsung sampai Desember. Tapi untuk BLT Desa sampai September dengan nominal jumlah mulai Bulan Juli berkurang jadi Rp 300.000 perbulan dari awalnya Rp 600.000 perbulan.

“Bantuan ini juga akan diberikan ke warga yang masuk ke DTKS baru disandingkan dengan data lama, dimana mereka akan mendapatkan bantuan secara reguler seterusnya,” ucapnya.

Mensos Juliari P Batubara menilai kendala yang dihadapi di lapangan dalam penyaluran bantuan sosial adalah bantuan yang serba cepat dan sinkronisasi data di lapangan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga