Cerita Pengalaman Puasa di Korea Selatan, Ayana Moon: Sedih Banget

JAKARTA – Seluruh umat Islam di dunia memang sedang melaksanakan puasa Ramadan. Tak terkecuali Ayana Moon, selebgram asal Korea Selatan yang sempat tinggal di Indonesia.

Sebagai muslim yang tinggal di Korea Selatan, Ayana Moon merasakan suasana puasa yang sangat berbeda. Salah satunya, kegiatan Ramadan yang tidak bisa ia rasakan di Korea.

“Di Indonesia ramai orang berpuasa, tapi di sini hanya saya dan adik saya (di keluarga Ayana). Di Indonesia ada banyak kajian, buka puasa bersama dan banyak aktivitas bisa bertemu temen-teman saya,” kata dia dalam konferensi pers via daring, Jumat (15/5).

Meski dalam suasana yang berbeda, Ayana berusaha mengisi kegiatan Ramadan di rumah bersama Adiknya, Aydin Moon. Yakni dengan mengaji dan memasak bersama.

Bahkan, ia pun mengakui kalau menjalani puasa Ramadan di Korea cukup sulit. Godaannya pun cukup besar. Seperti menghadapi masyarakat yang makan dan minum di depannya.

“Sedih banget. Di Korea semuanya makan minum di depan saya, itu agak susah. Di saat yang sama saya harus bicara keras, harus berpuasa, mulut saya kering. Agak susah menghabiskan Ramadan di sini,” tutur dia.

Bicara soal puasa di tengah pandemi Covid-19, masyarakat di Korea Selatan sendiri sudah diperbolehkan keluar rumah. Bahkan untuk sekadar jalan-jalan pun diperbolehkan. Ayana sendiri berpesan untuk tetap semangat dan beraktivitas positif.

Perlu diketahui, biasanya saat Ramadab, masjid-masjid di seluruh Korea Selatan akan dipenuhi orang Islam. Salah satu wilayah yang relatif lebih padat, Itaewon, lokasi Seoul Central Mosque berada. Dilansir dari laman KBS World, Pemerintah Korea Selatan sendiri berharap Ramadan bisa meningkatkan solidaritas internasional dan semangat toleransi untuk mengatasi pandemi COVID-19. (*)

Tinggalkan Balasan