Cimahi Waspadai Peredaran Daging Babi, Kenali Ciri-Cirinya

CIMAHI – Temuan adanya daging babi serupa daging sapi di Kabupaten Bandung membuat konsumen di Kota Cimahi resah. Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi pun mengemukan cara membedakan daging sapi asli dan palsu.

Kepala Bidang Pertanian pada Dispangtan Kota Cimahi, Mita Mustikasari, yang didampingi Kepala Seksi Peternakan, Retno Wulan mengatakan, temuan daging babi dibuat mirip daging sapi di Kabupaten Bandung dikarenakan ada proses pewarnaan agar menyerupai daging sapi.

“Tapi ingat, serat dan lemak tidak akan menyerupai daging sapi asli yang sebenarnya. Yang jelas, daging babi lebih halus seratnya, namun warna lebih merah daging sapi,” ungkapnya saat ditemui di Pasar Antri, Kamis (14/5).

Kemudian dari segi harga, kata Mita, pihaknya juga mewaspadai jika ada daging sapi yang dijual jauh lebih merah dibandingkan harga pasaran. “Meskipun harga bukan jaminan. Bisa saja biar engggak dicurigai dia masukin aja harga normal,” tegasnya.

Sejauh ini, kata Mita, belum ada informasi daging babi masuk ke Kota Cimahi. Namun, pihaknya tetap melakukan pengawasan di pasar serta melakukan organoleptik terhadap daging sapi yang dijual pedagang.

“Hasil organoleptik tidak ada tanda menyerupai daging babi,” ucapnya.

Kapolres Cimahi, AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki memastikan pasar tradisional di Kota Cimahi tak menjual daging babi yang serupa dengan daging sapi. Meski begitu, masyarakat diminta waspada dan teliti saat membeli daging sapi agar tidak tertipu.

“Kita cek di pasar, seluruh pedagang disini potong sendiri sapi di rumah potong hewan sehingga tahu mana yang sapi dan bukan,” ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya sudah turun ke lapangan menindaklanjuti temuan peredaran daging babi yang dijual seolah daging sapi di Kabupaten Bandung. Kiriman  daging babi berasal dari Solo yang dijual di daerah Majalaya dan Baleendah, tidak menutup kemungkinan di jual ke daerah lain.

Pihaknya meminta seluru masyarakat yang hendak membeli daging sapi agar berhati-hati. “Kita minta waspada dan mengenali ciri daging sapi, adanya info daging babi dijual disebut daging sapi harus membuat kita teliti saat membeli,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan