Pemkot Target Flyover Jalan Laswi dan Jalan Supratman Rampung Akhir Tahun

BANDUNG – Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat menargetkan pembangunan dua flyover di Jalan Laswi dan Jalan Supratman rampung diakhir tahun ini.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat A. Koswara mengatakan, sejauh ini pembangunan tahap pertama yang meliputi pembangunan kontruksi sudah rampung sejak akhir tahun lalu.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya akan segera melanjutkan pembangunan tahap dua yang meliputi pembangunan pengerjaan abutmen jembatan, oprit jembatan beton ringan, gelagar atau girder jembatan, perkerasan beton, perkerasan hotmix, dan pembangunan atas sebagai pelengkap akan segera dilakukan seiring telah selesainya proses lelang.

”Pengerjaan flyover di Jalan Jakarta dan Jalan Laswi proses lelang baru selesai, jadi tahun ini akan kita lanjutkan lagi mungkin setelah lebaran,” ucap Koswara dikutip dari Radio PRFM 107,5 News Channel, Senin (11/5).

Dia mengakui, adanya keterlambatan dalam proses pembangunan kedua flyover tersebut, karena ada beberapa hal yang membuat keterlambatan pembangunannya. Salah satunya karena adanya refocusing Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) imbas pandemi covid-19.

Kendati demikan, pihaknya tetap menargetkan pembangunan tahap dua selesai diakhir 2020 ini.

”Cuma memang ada beberapa kondisi dengan pihak ketiga untuk dinegokan pembayarannya. Jadi pembayarannya tidak bisa selesai lunas tahun ini, jadi dilanjut tahun depan pembayarannya, tapi pengerjaannya tetap di tahun ini,” jelasnya.

Pembangunan dua flyover ini merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat kepada Kota Bandung. Diharapkan dengan hadirnya dua flyover ini bisa mengatasi kemacetan di Kota Bandung.

Selain Kota Bandung, daerah di Jawa Barat lainnya pun mendapat hibah. Selain flyover, ada juga daerah yang mendapatkan hibah berupa underpass.(bbs/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan