Sterling Bawa Hoki Klub

MANCHESTER – Performa Manchester City musim ini memang terlihat menurun sejak disalip Liverpool dalam perebutan gelar juara. Beruntung, dalam sisi komersial, The Citizen tak ikut terpuruk. Bahkan rekor deal termahal sukses bakal mereka dapatkan.

City membuktikan diri masih punya nilai jual tinggi di mata sponsor, meski mendapat sanksi tak tampil di Liga Champions. Terakhir, Puma bersedia memberi kontrak baru sebesar GBP 100 juta (Rp1,8 triliun) sebagai penanggung jawab apparel-nya. Ya, kontrak ini termasuk winger andalannya Raheem Sterling.

Banyak yang beranggapan langkah Puma masih terlalu prematur untuk menonjolkan Sterling sebagai ikon sponsornya. Performa eks pemain Liverpool ini sudah mulai menurun sejak memasuki tahun 2020. Dia sama sekali tidak mencetak gol sejak Desember 2019.

Namun, Puma melihat dari sisi yang lain. Kesepakatan bintang Liga Premier saat ini dengan Nike akan habis dalam waktu kurang dari delapan minggu (30 Juni). Puma termasuk beruntung karena dipilih dari sekian brand ternama seperti Under Armour, Adidas dan New Balance yang sudah mengincar tanda tangan Sterling selama lebih dari dua tahun.

”Jika kesepakatan disetujui, Sterling akan menjadi pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi dan wajah dari strategi periklanan global mereka,” tulis Sky Sports.

Pemain berusia 25 tahun ini telah menjadi komoditas panas yang sangat dicari berkat penampilannya untuk klub dan negara. Nilai lebihnya, ia menjadi bentuk perlawanan rasisme dalam sepakbola Inggris.

Pandemi virus korona memang meluluhlantakkan industri sepak bola, tetapi diperkirakan kesepakatan Puma mirip dengan kesepakatan 10 tahun senilai GBP 100 juta yang ditawarkan oleh anak perusahaan Nike, Air Jordan, tahun lalu.

Lebih jauh, jika kesepakatan ini tercapai, Sterling bisa berkolaborasi dalam pengembangan jersey Puma bersama rapper Amerika Jay-Z, yang merangkap sebagai direktur kreatif Puma. Apalagi, winger Inggris ini tidak asing dengan merek Puma, yang sudah memiliki kesepakatan 10 tahun senilai GBP 650 juta sebagai pemasok jersey dan apparel Man City. (fin/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan