oleh

Bikin Bangga, Gadis Ini Perempuan Pertama Indonesia yang Bongkar Helikopter Apache

KORPS Wanita Angkatan Darat asal Salatiga ini sukses menjadi orang Indonesia pertama yang bisa membongkar pasang mesin-mesin helikopter tempur canggih Apache.

Dilansir akun Instagram milik Sersan Satu TNI Nur Hayyu Safitri Puspitasari, Selasa 28 April 2020, wanita yang akrab disapa Nur ini diketahui awalnya memilih untuk bergabung dengan Kowad karena ia tidak diterima di universitas pilihannya.

Setelah menjalani pendidikan dasar militer selama lima bulan, Nur merasa bahwa masa-masa itu adalah masa sulit. Karena ia harus mengubah sifat dan sikapnya yang awalnya adalah warga sipil untuk menjadi militer.

Usai lulus, Nur kembali melanjutkan pendidikan kecabangan dan ditempatkan di Korps Penerbangan Angkatan Darat selama empat bulan dengan spesialisasi Air Traffic Control.

Setelah lulus pendidikan, ia terpilih untuk diberangkatkan ke Texas dan Virginia untuk mengikuti pelatihan sebagai teknisi helikopter tempur canggih kebanggaan Amerika yang dibeli Indonesia di tahun 2018.

Tak cuma menjalani pelatihan tertulis, tapi Nur juga mengikuti pelatihan teknis lapangan, dia menjadi wanita RI pertama yang membongkar mesin helikopter kebanggaan Amerika itu.

Helikopter canggih berjenis AH-64E Apache Guardian merupakan alutsista tercanggih yang pernah dimiliki Indonesia. Untuk itu, Indonesia harus memiliki pilot serta petugas pemeliharaan tersendiri dalam menangani mesin helikopter Apache tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga