Peringati Hari Bumi, Siswa Jabar Ajak Jaga Bumi

BANDUNG-Setiap tahunnya, tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi. Gagasan yang dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat tahun 1962, Gaylord Nelson ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan hidup dan menghindarkan bumi dari pencemaran lingkungan.

Bagi Nisa Alvisyahrin, siswa SMAN 2 Klari, dirinya memaknai Hari Bumi sebagai peringatan untuk seluruh umat manusia di bumi guna bersama-sama menjaga bumi agar lestari dan sehat. “Kita harus bisa menjaga bumi, jangan merusak terus. Jika bumi sehat maka orang yang tinggal di bumi juga bakal ikut sehat,” ujarnya, Rabu (22/4) dilansir dari disdik.jabarprov.com.

Ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK) SMAN 2 Klari ini pun mengajak siswa lainnya untuk melakukan langkah sederhana guna menjaga kelestarian lingkungan. “Misalnya tidak membuang sampah sembarangan, baik di sekolah, di rumah atau di manapun kita berada. Selain itu, kita juga jangan merusak tanaman,” ucapnya.

Ia mencontohkan, jika sedang berjalan atau liburan di taman bunga dan ingin berswafoto di sana, jangan sampai merusak bunga yang ditanam di sekitarnya. “Bunganya jangan sampai rusak. Kalau mau foto ya foto aja, enggak usah dipetik, kecuali memang diperbolehkan,” ujarnya.

Menurut Ica, sapaan akrab Nisa, sekolahnya termasuk sekolah yang fokus pada program kelestarian lingkungan. Salah satunya, menanam pohon di lingkungan sekolah dalam memperingati Hari Sejuta Pohon pada 10 Januari 2020. “Setiap kelas minimal membawa dua pohon untuk disimpan di depan kelas dan itu harus dirawat,” ungkap siswa yang aktif di ekstrakurikuler Paskibra ini.

Sedangkan bagi siswa SMAN 5 Karawang, Arista Aisyah Fitri, langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk melestarikan bumi yaitu dengan menjaga kebersihan. “Bumi sebagai tempat manusia tinggal harus dijaga kebersihannya,” tutur siswa yang aktif di OSIS/MPK sekolahnya itu. (dsdkjbr/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan