Jago Merah Hanguskan Pabrik Tekstil

NGAMPRAH-Pabrik tekstil PT Victory Panmultitex di Jalan Raya Batujajar, Desa Giriasih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dilalap si jago merah pada Minggu (19/4) malam.

Kebakaran yang melanda pabrik tekstil PT Victory Panmultitex di Jalan Raya Batujajar, Desa Giriasih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Minggu (19/4) malam, menyebabkan 4 orang dilarikan ke rumah sakit.

Komandan Pleton (Danton) Damkar KBB Yadi Supriadi mengatakan, ke empat orang tersebut yang saat itu berada di sekitar pabrik, tetapi belum bisa dipastikan apakah karyawan atau hanya warga yang turut membantu pemadaman kebakaran tersebut.

Namun seorang diantaranya bernama Lutfi, karyawan bagian mekanik pabrik yang terbakar, mengalami luka pada bagian kaki dan tangannya akibat terperosok ke aliran selokan yang airnya memanas akibat kebakaran.

“Betul ada empat orang. Yang seorang itu dia terperosok ke selokan di dalam pabrik yang airnya memanas karena kebakaran. Sedangkan tiga lagi hanya mengalami sesak nafas karena terlalu bnyak menghirup asap, jadi pingsan. Satu orang di rawat RS Karisma Cimareme, satu orang ke RSHS, dan dua orang di RSUD Cibabat” ungkap Yadi saat dihubungi, Senin (20/4).

Kebakaran tersebut menghanguskan 90 persen bangunan pabrik, hingga bagian atap pun ambruk. Bahkan, barang-barang yang ada di dalam pabrik seperti kain dan alat produksi pun hangus terbakar.

“Untuk bangunan pabrik yang terbakar hampir 90 persen. Hanya tersisa sedikit bangunan yang tidak terbakar,” terangnya.

Api baru bisa dijinakkan pada Senin siang. Namun saat ini, petugas masih bersiaga di lokasi kebakaran mengingat ada potensi api kembali menyala lantaran adanya cairan kimia yang bisa memicu api.

“Siang tadi baru bisa padam dan pendinginan. Bahkan sampai sore menjelang malam ini petugas masih standby di lokasi. Khawatir api nyala lagi, karena ada cairan kimia yang tumpah,” jelasnya.

Menurutnya, penyebab kebakaran masih belum bisa dipastikan. Namun dugaan awal kobaran api muncul akibat korsleting listrik dari salah satu bagian pabrik, kemudian percikan api merembet ke barang-barang yang mudah terbakar, hingga akhirnya api cepat membesar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan