oleh

Unpad Sediakan Laboratorium Untuk Pemeriksaan Covid-19

 BANDUNG-Laboratorium Bio Safety Level 3 (BSL 3) di gedung Laboratorium Sentral Universitas Padjadjaran (Unpad) telah selesai disertifikasi oleh Lembaga Basler & Hoffmann Singapore Pte Ltd, terhitung sejak 24 Maret 2020. Ini berarti, Lab BSL 3 Unpad sudah siap menjadi tempat pemeriksaan sampel Covid-19.

“Dalam waktu dekat Lab BSL 3 Unpad sudah siap mendukung layanan pemeriksaan virus Corona,” ujar Kepala Lab Sentral Unpad Prof Dr Unang Supratman, baru-baru ini dilansir dari unpad.ac.id.

Laboratorium yang rampung dibangun tahun 2019 melalui pendanaan dari Islamic Development Bank (IDB) ini sedang menyempurnakan persiapan teknis pemeriksaan lab untuk sampel Covid-19 yang menggunakan Realtime Polymerase Chain Reaction (PCR).

Secara singkat, Lab BSL 3 sendiri merupakan laboratorium khusus untuk aktivitas penelitian yang membutuhkan tingkat keamanan tinggi, seperti penelitian mengenai TB, MDR, HIV, hingga Novel Coronavirus (2019-nCov) yang mengakibatkan Covid-19. Karena itu, lab ini menerapkan standar keamanan yang tinggi.

Rektor Unpad Prof Dr Rina Indiastuti menambahkan, diaktifkannya Lab BSL 3 milik Unpad diharapkan dapat memutus mata rantai pandemi Coronavirus di Indonesia. Unpad sendiri membuka kerja sama dengan banyak pihak dalam operasional lab tersebut.

“Kami juga membuka kerja sama dengan teman-teman peneliti dari perguruan tinggi lain yang semuanya sedang berusaha untuk berkontribusi secara nyata dalam melakukan pemeriksaan PCR,” katanya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.