Hujan Deras Akibat Tebing Ambruk di Kertamulya dan Langensari

KBB – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bandung Barat, Selasa (31/3/2020) malam, menyebabkan terjadinya bencana longsor di sejumlah kawasan.

Longsor terjadi di Perumahan Bukit Berlian RT 3/25, Desa Kertamulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Tembok Penahan Tanah (TPT) setinggi 15 meter dan lebar 10 meter itu menutup akses jalan lingkungan dan sempat menganggu aktivitas warga setempat.

“Penyebabnya akibat hujan deras dengan durasi yang cukup lama dan TPT tak kuat menahan tanah,” ujar Kepala Seksi Kedaruratan BPBD KBB, Saiful Uyun, saat dihubungi, Rabu (1/4).

Selain menutup akses jalan lingkungan, longsor itu juga menyebabkan sebanyak 5 rumah warga di perumahan tersebut terancam tergerus longsor tersebut karena lokasinya berada di dekat tebing.

“Untuk tindakannya kami berkoordinasi dengan aparat kewilayahan, membersihkan puing longsoran secara kerja bakti bersama unsur dan masyarakat,” katanya.

 

Longsor lainnya terjadi di Jalan Sukaraja, Desa Langensari, Kecamatan Lembang, tebing setinggi 15 meter ambruk menimpa akses jalan alternatif menuju Subang.

Untuk sementara, akses jalan tembus ditutup selama proses pembersihan material longsor yang menutupi jalan.

“Kejadiannya Selasa malam, sekitar pukul 21.30 WIB. Agar akses jalan segera dilalui, sejak semalam warga bergotong royong menyisihkan material tanah dari jalan,” kata Kepala Desa Langensari, Agus Karim.

Langkah antisipasi kejadian susulan, pihaknya akan mengadakan padat karya oleh warga, sebab di lokasi masih rawan longsor yang lebih besar jika hujan kembali turun.

“Penanganan jangka panjang, di tahun 2021 kita prioritaskan pembangunan dan pemeliharaan jalan, khususnya di wilayah rawan longsor. Sebab, akses jalan ini sering dilalui kendaraan bermotor dari arah Lembang menuju Subang dan sebaliknya,” ujarnya. (mg6/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan