Atletico tumbangkan Liverpool di 16 Besar Liga Champions

JAKARTA – Atletico Madrid lolos ke perempat final Liga Champions setelah merun­tuhkan keangkeran Anfield, markasnya Liverpool, Kamis (12/3). Atletico menang 3-2 dalam leg kedua 16 Besar yang harus diselesaikan lewat ba­bak perpanjangan waktu itu.

Statistik pertandingan mem­perlihatkan Liverpool memi­liki tak kurang dari 70 persen penguasaan bola, melepaskan 34 percobaan tembakan yang sebelas di antaranya tepat sa­saran, tetapi hanya bisa meraih dua gol. Hal tersebut tidak lepas dari kehadiran sosok kiper he­bat bernama Jan Oblak.

Sebaliknya, Atletico mencetak tiga gol hanya dengan melepas­kan sembilan percobaan tem­bakan yang enam di antaranya menemui sasaran dan kiper cadangan Liverpool Adrian San Miguel takluk dalam setengah situasi bahaya tersebut.

Liverpool susah payah me­raih satu gol pembuka keung­gulan dua menit jelang turun minum babak pertama mel­alui sundulan Georginio Wi­jnaldum yang akhirnya bisa menaklukkan Oblak.

Lantas hujan peluang deras di hadapan gawang Atletico, tetapi Oblak selalu hadir jadi penyelamat timnya, kecuali satu kali ketika Andy Robert­son menyundul bola dan membentur mistar gawang. Skor 1-0 bertahan hingga waktu normal usai sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan 2×15 menit sebab kedudukan agregat masih imbang 1-1.

Publik Anfield bersorak riang empat menit memasuki babak tambahan pertama ketika Ro­berto Firmino menggandakan keunggulan Liverpool ketika ia menyambar bola muntah hasil tandukannya sendiri yang sem­pat membentur tiang gawang.

Hanya saja sorak sorai itu seketika reda tiga menit ke­mudian saat Adrian dengan gegabah melakukan sapuan bola ke arah kerumunan pe­main Atletico, ketimbang kepada Robertson yang ber­diri cukup bebas.

Bola dikendalikan oleh Joao Felix, dikirimkan kepada Mar­cos Llorente dan diselesaikan dengan satu tembakan ke area tiang jauh ketika Adrian hanya menjatuhkan diri tanpa kesem­patan untuk menjangkau bola.

Mental para pemain Liverpool tampak tertampar dengan gol tersebut, sebab Adrian seolah membuang begitu saja keung­gulan yang susah payah dip­eroleh rekan-rekannya.

Pada pengujung babak tam­bahan pertama, sebuah se­rangan balik gagal diantisi­pasi Liverpool dan Alvaro Morata mengirimkan umpan yang bisa dikejar Llorente sebelum ia melewati kapten tuan rumah Jordan Hender­son dan bisa melepaskan tembakan untuk bersarang ke area gawang yang sama dengan gol pertamanya. At­letico dua, Liverpool dua.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan