Optimistis Tiga Wakil Indonesia Lolos Grup Dunia

JAKARTA – Tim Piala Davis berhasil mempertahankan posisi di Grup Dunia II dalam pertandingan playoff melawan Kenya akhir pekan lalu. Tim Fed Cup tidak mau kalah. Aldila Sutjiadi dkk juga sukses bertahan di Grup I Zona Asia/Oseania.

Dalam rangkaian pertandingan di Dubai Duty Free Tennis Center, Dubai, sepanjang minggu lalu (3-7/3) mereka memetik dua kemenangan dari lima laga.

Dua kemenangan itu diraih atas Taiwan (2-1) dan Uzbekistan (3-0). Itu hasil yang memuaskan. Mengingat, tim Fed berangkat ke Dubai dengan skuad seadanya. Indonesia hanya diperkuat tiga petenis. Yakni, Aldila, Priska Madelyn Nugroho, dan Janice Tjen. Sedangkan negara lain rata-rata membawa lima pemain. Dari enam anggota grup I, Indonesia berada di peringkat keempat.

Ketua Umum PP Pelti Rildo Ananda Anwar mensyukuri hasil tersebut. Keputusan pihaknya menerjunkan tiga pemain, dan bukan lima, ternyata berbuah manis. ”Kami pilih lima pemain kalau benar-benar siap. Jangan buat menggenapi saja. Tiga orang kalau memang memenuhi syarat ya tidak apa. Lihat, mereka bisa membawa bertahan di grup I,” katanya.

Menurutnya, dengan dua kemenangan, Indonesia menempati peringkat keempat grup I. Di bawah Tiongkok, India, dan Korea Selatan. Sayang, dalam pertandingan penentuan melawan India, kita kalah 1-2. Priska memenangi laga pertama atas Rutuja Bhosale dengan skor 6-3, 0-6, 6-3. Sayang, Aldila takluk kepada Ankita Raina. 3-6, 3-6.

Sementara di sektor ganda, Priska/Aldila kalah oleh Sania Mirza/Ankita Raina 6-7(4), 0-6. ”Kemarin itu hampir banget (masuk grup dunia, Red) kalau bisa menang lawan India. Mudah-mudahan ke depan bisa. Itu membuat kami semakin optimistis,” tutur Priska.

Dia menjelaskan, perjuangan Aldila dkk untuk mengamankan dua kemenangan sangatlah berat. Dengan tiga pemain, setiap orang setidaknya harus bermain dua partai setiap hari. Aldila dan Priska paling sering kebagian terjun dua kali. baik, di sektor tunggal dan ganda.

Aldila mengakui bahwa perjuangan timnya begitu sulit. ”Saya tahu dari awal ini akan berat. Jadi, kami hanya mencoba untuk fokus di tiap pertandingan dulu. Fokus untuk hari ini dulu, besok dipikirkan belakangan. Kami cukup senang bisa merebut dua kemenangan karena semua tim bermain maksimal,” kata Aldila setelah Indonesia mengalahkan Uzbekistan.

Tinggalkan Balasan