ASN Kota Cimahi Harus Bawa Tumbler untuk Kurangi Sampah Plastik

CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mewajibkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Cimahi membawa kemasan air minum isi ulang (tumbler), sebagai salah satu upaya pengurangan sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS).

Hal itu sesuai Surat Edaran Wali Kota Cimahi Nomor 55 Tahun 2019 tentang Penggunaan Kemasan Air Minum Isi Ulang, yang diikuti dengan Surat Edaran Sekretaris Daerah Kota Cimahi Nomor 05 Tahun 2020 tentang Penggunaan Kemasan Air Minum Isi Ulang pada Pemda Kota Cimahi.

Untuk memulai kampanye pengurangan sampah, seluruh ASN yang mengikuti apel pagi pada Senin (9/3/2020) di Lapangan Apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, mereka membawa tumbler.

“Allhamdulilah program kita dimulai dari Pemkot Cimahi untuk membudayakan semuanya menggunakan tumbler dengan tujuan sampai plastik berkurang,” kata Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana.

Penggunaan tumbler menjadi salah satu solusi Pemkot Cimahi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mengurangi sampah sejak dari sumber, sebagaimana yang tertera dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah dan Rumah Tangga.

Dalam Perpres tersebut disebutkan bahwa persentasi sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) maksimal 70 persen, dan 30 persen harus direduksi sejak dari sumber. Namun kenyataannya di Kota Cimahi angkanya belum menyentuh ketentuan tersebut.

“Ini program menuju zero waste, mengurangi sampai plastik di kantor. Kemudian merambah ke sekolah, baik SD maupun SMP. Itu sudah berjalan,” ujar Ngatiyana.

Menurut Ngatiyana, program ini sedikitnya akan sangat berpengaruh terhadap pengurangan sampah plastik, jika semua ASN di Kota Cimahi yang berjumlah 4 ribu lebih sudah membiasakan membawa tumbler.

“Sangat efektif, karena dimulai dari PNS (ASN) bawa tumbler, belum ke sekolah. Saya ingatkan juga ASN itu sosialisasi ke masyarakat,” imbuhnya.

Kepala DLH Kota Cimahi, Mochammad Ronny menambahkan, kebiasaan ASN membawa tumbler saat bekerja merupakan edukasi secara tidak langsung terhadap masyarakat. “Dengan bawa tumbler ini, pembelian air kemasan jadi berkurang, sampah juga saya yakin berkurang,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan