Progres Pembangunan Sarana PON Sesuai Target

JAKARTA – Provinsi Papua akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada Oktober 2020. Seiring semakin dekatnya waktu pelaksanaan, pimpinan MPR, DPR, DPD, dan Kementerian PUPR, mengadakan peninjauan di Komplek Stadion Papua Bangkit, Sentani.

Hadir dalam peninjauan itu Ketua MPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPD Sultan Najamudin, Wakil Ketua DPR Rachmad Gobel, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, Arsul Sani, Fadel Muhammad. Juga anggota DPD dan DPR dari dapil Papua dan Papua Barat yang tergabung dalam MPR For Papua, diantaranya Yorrys Raweyai, Filep Wamafma, Herlina Munib, Ruben Uamang, Willem Wandik, Trifena Tinal, serta Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal.

Dalam peninjauannya, Bambang Soesatyo berseta rombongan melihat langsung perkembangan pembangunan hall cabang aquatik. Selepas melihat progress pembangunan hall cabang aquatik, selanjutnya pimpinan MPR, DPR, DPD, dan Kementerian PUPR menuju ke Stadion Papua Bangkit.

Bambang Soesatyo mengatakan, setelah mengamati progress atau perkembangan kawasan Stadion Papua Bangkit, dirinya dengan mantap mengatakan, ”kesan saya adalah hanya dua kata, dahsyat dan luar biasa,” katanya saat memberikan keterangan kepad awak media.

Menurut Bambang, pembangunan yang begitu cepat persiapan PON Papua diibarakan seperti kisah Sangkuriang dan Tangkuban Parahu. ”Dalam waktu setahun bangunan lebih dari Rp1 triliun hampir selesai dan ditargetkan Juni bisa tuntas. Saya yakin dan percaya dengan kerja sama semua pihak sarana PON bisa rampung sesuai target,” jelasnya.

Dia menjelaskan, selepas PON pihaknya meminta agar Pemerintah Provinsi Papua merawat sarana yang sudah dibangun dengan baik agar asset yang ada tidak menjadi asset yang sia-sia sebagaimana pernah terjadi pada PON-PON sebelumnya. ” begitu PON selesai, sarana yang ada tidak dirawat hingga hancur tempat itu. Hal itu Jangan sampai bangunan yang dibiayai hingga triliunan sia-sia,” tegasnya.

Membangun komplek olahraga PON Papua menurut Bambang Soesatyo merupakan salah satu proyek besar yang berstandar internasional. Dirinya berharap dalam ajang pertandingan dan perlombaaan berbagai cabang olaharaga itu lahir atlet-atlet yang beraraf nasional bahkan internasional. ”Di seluruh cabang olahraga,” akunya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan