Umroh Tertunda, Biro Perjalanan Tidak Boleh Kenakan Biaya Lagi Kepada Jamaah

JAKARTA –  Puluhan ribu jamaah umroh di Indonesia yang mengalami penundaan keberangkatan sementara umroh untuk menanggulangi perkembangan penyebaran virus corona.

Mennanggapi kondisi ini, Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, kepada jamaah umroh diharapkan tenang, sebab pihaknya sudah mengeluarkan instruksi kepada agen perjalanan dan jasa penerbangan tidak boleh menambah biaya kepada para jamaah.

“Waktu itu kita koordinasi dan semua sepakat, baik agen perjalanan dan penerbangan tak akan mengenakan biaya tambahan ke jemaah,” kata Fachrul di kantor Kemenkes, Jakarta Pusat, Senin (2/3).

Selain itu, pemerintah Arab Saudi juga memberikan jaminan perpanjangan visa secara gratis bagi jemaah umrah asal Indonesia yang visanya ditangguhkan sementara.

Menurutnya, perpanjangan visa ini sedang diupayakan oleh pemerintah Indonesia melalui kementerian luar negeri (Kemenlu).

Kendati begitu, Pihaknya belum bisa memastikan kapan perpanjangan visa itu bisa dilakukan.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah Kerajaan Arab Saudi menangguhkan seluruh kunjungan ke negara tersebut, baik untuk tujuan umroh maupun kunjungan ke Masjid Nabawi untuk sementara waktu.

Hal itu menyusul perkembangan kasus penyebaran virus corona jenis baru (Covid-19) dalam beberapa waktu terakhir. (fin/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan