Sanimas Diharapkan Bisa Tingkatkan Kesehatan Warga

CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi menambah layanan pengelolaan limbah domestik dengan keberadaan enam titik Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik-Terpusat (SPALD-T) skala permukiman pada program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) di wilayah Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. Hal itu diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui sanitasi dan lingkungan bersih.

”Dengan keberadaan sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan lingkungan,” ujar Walikota Cimahi Ajay M. Priatna, belum lama ini.

SPALD-T merupakan waste water treatment agar air limbah domestik penduduk tidak dibuang secara langsung ke sungai, melainkan terlebih dulu diolah melalui sistem instalasi. Program SPALD-T merupakan hibah pemerintah pusat, meliputi pembangunan jaringan perpipaan sambungan rumah dan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

Keenam lokasi SPALD-T di Keluahan Melong dikelola oleh KSM Mitra Bersih RW 02, KSM Munggaran RW 04, KSM Putra Mandiri RW 09, KSM Barokah RW 15, KSM Mitra Sehat Mandiri RT 03 RW 16, dan KSM Mitra Berseka RT 05 RW 16.

Menurut Ajay, program Sanimas sejalan dengan visi dan misi Kota Cimahi yang ingin meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

”Pemanfaatan SPALD-T di wilayah Cimahi dapat memberi kontribusi terhadap program “Citarum Harum Juara” ujarnya.

Fasilitas SPALD-T akan memberi dampak positif bagi kehidupan masyarakat.

”Yang lebih penting yaitu membangun perilaku sehat dan pola pikir lebih maju sebagai modal dalam meningkatkan kesejahteraan, sekaligus menambah semarak upaya pemeliharaan lingkungan dalam rangka menciptakan suasana kehidupan yang lebih manusiawi,” jelasnya.

Pihaknya berharap partisipasi masyarakat untuk ikut merawat sungai di sekitarnya.

”Semoga SPALD-T yang dibangun ini benar-benar bermanfaat dan dimanfaatkan secara optimal terutama untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan lingkungan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi M. Nur Kuswandana menambahkan, keberadaan SPALD-T menambah cakupan akses layanan limbah domestik di Kota Cimahi.

”Sangat membantu meningkatkan layanan air limbah domestik. Kita akan terus tingkatkan cakupan layanan,” kata Nur.

Layanan air kotor di DPKP Kota Cimahi berupa pelayanan limbah domestik, mulai dari IPAL Komunal sampai ke penyedotan kakus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan