oleh

Jalur Kereta Api yang Sudah Mati Segera Diaktifkan, Cibatu-Garut Sedang Uji Kelayakan

BOGOR- Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar dalam waktu dekat akan mengaktifkan kembali jalur-jalur rel kereta api yang selama ini tidak dipergunakan.

Kepala Dishub Jabar Hery Antasari mengatakan, pengembangan ini dilakukan untuk meningkatkan konektivitas, aksesibilitas, dan mobilitas antar-wilayah serta penataan daerah.

Dia menyebutkan, sejumlah jalur rel kereta api yang akan diaktifkan kembali maupun direhabilitasi. Mulai dari jalur Cibatu-Garut-Cikajang, Rancaekek-Jatinangor-Tanjungsari, Bandung-Ciwidey, Banjar-Pangandaran-Cijulang, sampai Cianjur-Sukabumi-Padalarang.

Untuk jalur, Cibatu-Garut sudah dalam tahap uji coba kemarin dan sedang dalam tahap uji kelayakan. Sehingga jika ada kekurangan tinggal dilakukan perbaikan.

’’Jadi progres jalur lain bervariasi. Tapi, kami pastikan semua jalur sudah dipetakan dan dipatok,” kata Hery di Kota Bogor.

Selain itu, Jalur Bogor-Sukabumi-Cianjur akan dikembangkan menjadi double track railway. Sedangkan, Cianjur-Padalarang yang nanti terhubung ke Bandung sedang dalam proses.

’’Kendalannya disana ada tanjakan curam di jalur lama. Maka, kami akan membuat jalur baru melingkar,” imbuhnya.

Dia menbambahkan, pihaknya akan membangun konektivitas bebasis rel ke pusat kota melalui pembangunan kereta lokal yang menyambungkan Stasiun Tegalluar ke Stasiun Cimekar.

’’Itu dilakukan sebagai upaya membangun konektivitas kereta api cepat Jakarta-Bandung,’’kata dia. (mg1/yan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga