Ratusan Calon Mahasiswa Gagal Masuk Uninus

BANDUNG – Sebanyak 487 calon mahasiswa Universitas Islam Nusantara (Uninus) Kota Bandung dinyatakan tidak lulus atau gagal seleksi pada 2019 tahun lalu.

Direktorat Kemahasiswaan Uninus Luki Luqmanul Hakim mengungkapkan, sebanyak 2300 calon mahasiswa yang mendaftar di Uninus Kota Bandung pada 2019 tahun lalu. Dari jumlah tersebut, hanya 1.813 mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi. Dengan kata lain, ada 487 pendaftar pada 2019 dinyatakan gagal masuk Uninus lantaran tidak memenuhi kualifikasi.

”Mereka (calon mahasiswa) yang gugur itu mereka salah pilih jurusan. Itu terjadi ketika ikut seleksi ataupun wawancaranya tidak memenuhi kualifikasi jurusan tersebut,” ungkap Luki, saat ditemui Jabar Ekspres, di ruang kerjanya, Jumat (21/2).

Untuk 2020 ini, pihaknya mulai menyusun jadwal penerimaan mahasiswa baru. Setidaknya kata dia, pihaknya menargetkan 2.500 mahasiswa baru untuk keseluruhan program di 2020 tahun ini. Baik S1, S2, maupun S3.

Luki mengatakan, penerimaan mahasiswa baru saat ini berbasis online. Sehingga pendaftaran dapat dilakukan melalui website pmb.uninus.ac.id.

”Insya Allah mulai 1 Maret 2020 kami sudah mulai bisa launching. Ada tiga jenis pendaftaran yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa baru. Baik S1 maupun program pascasarjana S2 atau S3. Gelombang reguler, beasiswa, dan kerjasama,” ujar Luki.

Luki menjelaskan, untuk jalur reguler, beasiswa, maupun kerjasama dilakukan dengan proses seleksi yang sama. Namun, imbuh dia, terletak pada tahap wawancara yang membedakan penerimaan mahasiswa baru antara jalur satu dan lainnya.

Selain itu kata dia, ketika awal pendaftaran, mahasiswa dapat memilih jadwal kuliah sesuai dengan yang dikehendaki.

”Nah, untuk jenis kelasnya ada dua, yaitu reguler jadwal kuliahnya Senin-Kamis dan ada yang reguler jadwal kuliahnya Kamis-Sabtu. Ketika pendaftaran, mahasiswa bisa memilih mau masuk kelas reguler, yang mana reguler yang di awal pekan atau yang di akhir pekan,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, Uninus saat ini memiliki tujuh fakultas untuk jenjang S1 dan 14 Program Studi. Fakultas tersebut antara lain Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Agama Islam, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Teknik.  Sementara untuk Pascasarjana, Uninus memiliki Program Doktor Ilmu Pendidikan, Magister Manajemen Pendidikan, Magister Ilmu Hukum, dan Magister Pendidikan Agama Islam. Adapun jurusan yang paling banyak diminati, terdapat di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan