oleh

Diguyur Hujan Deras, Akses Menuju TPA Sarimukti Tertutup Longsor

KBB – Jalur utama menuju TPA Sarimukti, di Kampung Cipicung, RT 02, RW 02, Desa Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB), tertutup longsor, Kamis (20/2), sekitar pukul 15.30.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo, mengatakan longsor yang terjadi dari tebing setinggi 20 meter dengan lebar 5 meter itu terjadi akibat hujan deras yang mengguyur sejak siang.

Baca Juga:  Usai Bencana Longsor di Gununghalu, BPBD Minta Masyarakat Waspada

Beruntung longsor terjadi di jalan kawasan Perhutani yang jauh dari permukiman penduduk sehingga tidak menimbulkan korban jiwa ataupun pengendara sebab sedang tidak ada yang melintas.

“Longsor itu akibat terus diguyur hujan jadi kondisi tanahnya labil. Tidak di kawasan permukiman, tapi longsornya di kawasan hutan jadi aman,” ujar Duddy saat dihubungi.

Longsor juga menyebabkan tanah dan pepohonan dari lereng hutan menutup jalan hingga tidak bisa dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Baca Juga:  Camat Limo Sebut Kerugian Akibat Bencana di Wilayahnya Capai Ratusan Juta

 

“Sempat menghambat arus lalulintas. Tadi macet selama 2 jam karena tidak bisa lewat, termasuk kendaraan pengangkut sampah yang terdampak,” katanya.

Proses evakuasi sendiri telah dilakukan oleh BPBD dibantu warga dan pihak kepolisian, dengan menggunakan tiga unit ekskavator untuk menyingkirkan material longsor.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga