Desa Cipelah Ingin Dijadikan Tempat Produksi Gula Aren Terbesar

RANCABALI – Sebanyak 3.000 pohon aren dibagikan kepada warga desa Cipelah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Pembagian pohon itu, diberikan oleh Bupati Dadang M. Naser dalam rangkan untuk mewujudkan program seribu kampong.

Bersama Ketuan DPRD dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung pohon aren dibagikan dan tinam secara simbolik di lahan milik Desa Cipelah.

Dia mengatakan, Desa Cipelah merupakan salah satu wilayah penghasil gula tersbesar di Kabupaten Bandung. Sehinga kapasitas produksi harus ditingkatkan dengan memberikan ribuan pohon aren kepada warga.

‘’Ini untuk mendongkrak perekonomian warga juga bisa meminimalisir impor gula. Kami berikan 3000 Pohon Aren untuk ditanam warga,’’kata Dadang kepada wartawan, Minggu, (9/2).

Selain tanam pohon aren, di Desa Patengan dan Desa Indragiri juga dilaksanakan kegiatan sama. Hal itu, dalam rangka bulan menanam, dan menjaga kondisi lingkungan di wilayah itu.

 

Hal yang sama dikatakan Ketua DPRD Kabupaten Bandung Sugianto, menurutnya Wilayah Kecamatan Rancabali memiliki banyak potensi. Selain diunggulkan bidang objek wisata, juga produksi pertanian seperti yang dihasilkan Desa Cipelah.

”Cipelah memang miliki potensi luar. Selain penghasil gula aren, juga menyimpan potensi alam yang bisa dikembangkan. Sehingga pihaknya akan mendorong peningkatan inflastruktur.

”Perlu perbaikan dan peningkatan infrastruktur jalan dan sarana kesehatan. Sehingga, Rancabali benar benar menjadi wilayah wisata dan Cipelah menjadi kampung aren,” tuturnya. (rus/yan)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan