oleh

Ternyata, di Jabar Ada 417 Tambang Ilegal yang Didominasi Galian C

BANDUNG – Dinas Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM) sepertinya kewalahan untuk menertibkan tambang ilegal di Jawa Barat (Jabar). Sebab, sejauh ini tercatat baru 417 tambang illegal yang terdata.

Kepala Bidang Pertambangan, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Barat Tubagus Nugraha mengakui, angka tambang ilegal itu didominasi oleh kegiatan pertambangan pasir atau galian C. Bahkan, Jumlah itu, belum bisa dikatakan pasti.

Baca Juga:  Pertamina Targetkan Bantuan Korban Kilang Balongan Selesai Sebelum Lebaran

‘’Ada kemungkinan jumlah tambang ilegal di Jawa Barat bisa bertambah. Kemarin masih ada 417 (tambang ilegal) kita akan update lagi datanya bulan ini,’’kata Tubagus ketika kepada wartawan ketika ditemui di acara Jabar Punya Informasi, Kamis, (6/2).

Kendati begitu, keberadaan tambang illegal tersebut belum bisa dilakukan penindakan. Sebab, kebanyakan dari para penambang banyak mempekerjakan masyarakat. Bahkan tidak sedikit usaha tambang milik masyarakat sekitar.

Baca Juga:  Hari Ini, Kasus Kematian Covid Tembus 200 Kasus

Untuk itu, agar masalah ini bisa ditangani, pihaknya dalam waktu dekat akan segera melakukan pertemuan dengan para pemilik tambang illegal tersebut.

Tubagus mengakui, menjamurnya tambang ilegal di wilayah Jawa Barat berdampak pada sejumlah kerusakan lingkungan di sekitar tambang. Selain kerusakan lingkungan, pertambangan tak berizin juga berdampak pada pencurian kekayaan negara.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga