oleh

Begini Metode Karantina Virus yang Diajarkan Rasulullah Muhammad

VIRUS corona kini telah membunuh hampir 500 orang di Cina. Sementara itu, 28 ribu lainnya telah terinfeksi. Beberapa negara di dunia–termasuk indonesia, telah mengkarantina warganya dari China yang kembali ke tanah air.

Metode karantina ini, ternyata sudah diperintahkan oleh Muhammad Rasulullah Salallhu’alaihi Wassalam pada pada masanya.

”Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu.” demikian Sabda Nabi dalam Hadis Bukhari.

Pada zaman Nabi dan para sahabat, penyakit yang sering menyerang penduduk adalah penyakit kusta. Penyakit ini juga menular dari manusia ke manusia. Dalam hadis yang sama, Rasulullah melarang untuk menatap orang yang sedang terkena penyakit tersebut.

”Jangan kamu terus menerus melihat orang yang menghidap penyakit kusta.” (HR Bukhori)

Kemudian Rasulullah juga memberikan kabar gembira bagi Muslim yang meninggal akibat wabah virus. ”Kematian karena wabah adalah surga bagi tiap muslim,”. (HR Bukhori)

Sementara itu, dikisahkan di masa khlaifah Umar bin Khatab, rombongan Umar sedang berjalan berkendaraan unta menuju Syam. Namun dalam satu daerah yang akan dilewati, sedang terkena wabah virus. Umar pun ingin memutar balik dan mencari jalan alternatif.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga