Dua Pasien Bebas Corona

“Tidak semua sakit flu batuk panas, perlu dibawa ke RSHS terkait corona, masyarakat tidak perlu panik dengan hal tersebut,” kata Nucki.

Ada tiga golongan yang perlu diperhatikan di antaranya, golongan I (pertama) yaitu orang dalam pemantauan, kedua orang dalam pengawasan dan ketiga yang telah terkonfirmasi melalui hasil pemeriksaan laboratorium.

“Mengenai pasien yang terkena virus, yang jadi referensi dari kita untuk kesiap siagaan corona, ada tiga golongan, pertama orang dalam pemantauan bisa dikenali dengan pertama ada riwayat perjalan ke negara China atau negara terjangkit,” kata Nucki.

Gejalanya demam, di atas 38 derajat, ada gejala batuk pilek, baru bisa disebut orang dalam pemantauan, tidak perlu panik cukup kontrol ke Puskesmas. Yang perlu diwaspadai, kata dia, adalah pasien dengan golongan dua, yaitu pasien dalam pengawasan.

“Kedua, pasien dalam pengawasan, apabila pasien tersebut pernah ke luar negeri China, dan apabila melakukan kontak dengan pasien yang sudah terkonfirmasi terkena corona, maka perlu dilakukan pengawasan dan dibawa ke RSHS untuk dilakukan isolasi,” ungkapnya.

Gejala ini disertai klinis, demam batuk pilek, atau disertai dengan gejala pneumonia, untuk pasien yang seperti ini harus dilakukan isolasi.

“Sedangkan pasien dengan golongan ke tiga, yang telah terkonfirmasi terkena virus melalui hasil pemeriksaan di laboratorium,” terangnya.

Perlu disampaikan bahwasanya pasien yang bisa dilakukan isolasi di rumah sakit adalah pasien dalam kelompok pengawasan. Bahwa dalam hal merujuk ada sistem informasi prosedur yang harus dipenuhi.

“Melakukan konfirmasi, cek kesiapan RS tujuan, setelah siap nanti kita akan kabari RS yang bersangkutan dan harus dikawal oleh RS rujukan. Jadi untuk pasien dengan gejala batuk pilek biasa, tidak perlu khawatir,” paparnya.

Sementara, saat dikonfirmasi Kepala Humas KCIC Denny Yusdiana terkait hasil negatif virus corona pegawai KCIC serta langkah  ke depan akan seperti apa, tak berkomentar banyak dengan alasan harus rapat direksi. “Nanti kami akan rapat direksi dulu,” singkat Denny. (mg4/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan