Tantangan PDIP Disambut Dingin

Ambang batas akan langsung berhadapan dengan konsep kualitas demokrasi. Nah indikator demokrasi adalah Pemilu.”Kalau saja semakin berkualitas adalah kehadiran warga di TPS untuk memberikan suaranya. Artinya ada peningkatan secara presentase. Ini yang perlu didorong selain ambang batas tadi,”

Menurut dia, evaluasi terkait sistem Pemilu itu bisa jadi terkait pelaksanaan Pemilu sistem proporsional terbuka menghabiskan banyak biaya politik. ”Besar kemugkinan gagasan ini mendoro untuk revisi UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu,” ungkapnya.

Sebelunya, Rakernas I PDI Perjuangan telah menghasilkan sembilan rekomendasi, salah satunya tentang ambang batas 5 persen DPR RI. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan hasil ini merekomendasikan kepada DPP Partai dan Fraksi DPR RI PDI Perjuangan untuk memperjuangkan perubahan UU Pemilu untuk mengembalikan Pemilu Indonesia kembali menggunakan sistem proporsional daftar tertutup.

”PDIP ingin meningkatkan ambang batas DPR dari saat ini empat persen menjadi lia persen. Termasuk di DPRD provinsi dan kabupaten/kota,” tegasnya. (fin/ful)

Tinggalkan Balasan