Galang Kekuatan Bentuk Pansus Jiwasraya

JAKARTA – Pimpinan MPR RI mendukung langkah anggo­ta DPR RI membentuk pani­tia khusus Jiwasrayagate un­tuk melakukan investigasi mega korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Namun, Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan mengingatkan bahwa sebelum membuat pansus, agar DPR menunggu hasil investigasi dari pihak Kejaksaan Agung.

Kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat ini, jika dirasa kurang puas dengan hasil penyelidikan Kejagung barulah membentuk pansus Jiwasraya oleh DPR RI.

“Nanti di hasilnya itu DPR akan melihat cukup puas atau tidak. Kalau belum bikin pansus, silahkan,” kata Syarief di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (7/1).

Syarief menegaskan dari pihak Partai Demokrat sendiri mendukung langkah Komisi VI DPR RI untuk membentuk pansus Jiwasrayagate guna mengungkap kasus tersebut.

“Prinsipnya kita sepakat mendukung, dan ini harus dibuka secara transparan apa yang terjadi dengan jiwasraya. Tidak boleh ada yang ditutup-tutup,” uca dia.

Sementara itu, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menyatakan pihaknya telah menyetujui agar DPR segera membentuk panitia khusus (Pansus) guna mengungkap kasus yang ter­jadi di BUMN PT Asuransi Jiwsraya (Persero).

Sohibul menyatakan upaya pembentukan Pansus bertu­juan untuk mengungkap ka­sus PT Jiwasraya agar terang benderang di masyarakat.

“Ya karena kita berkeinginan agar ini bisa terang benderang di hadapan publik. Maka PKS mendorong agar adanya pan­sus,” kata Sohibul di Kantor DPP PKS, Jakarta, Senin (6/1)

Sohibul sendiri menyatakan Fraksi PKS di DPR tak ingin sendirian dalam menginisisasi pembentukan Pansus tersebut. Ia pun berjanji akan mengajak parpol lainnya agar sependapat membentuk pansus.

Terlebih lagi, Ketua Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Dito Ganinduto meng­atakan komisinya tidak akan terburu-buru mengusulkan Pansus. Sohibul menyatakan kolaborasi antar fraksi di DPR harus dicanangkan agar Pan­sus itu bisa terbentuk.

“Nanti kita ajaklah partai-partai lain,” kata dia.

Pernyataan Sohibul itu se­nada dengan Wakil Ketua Majelis Syura PKS Hidayat Nur Wahid beberapa waktu lalu. Hidayat menyatakan PKS setuju dengan pembentukan Pansus Jiwasraya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan