Wali Kota Serukan Warga untuk Peduli Lingkungan

BANDUNG– Sebagai kha­lifah di dunia, manusia harus saling menjaga termasuk menjaga alam dengan tidak merusaknya seperti mem­buang sampah sembarang. Merusak lingkungan meru­pakan perbuatan buruk yang merugikan semua baik ma­nusia, hewan dan alam itu sendiri.

“Kita hidup di dunia tidak bisa hidup sendiri. Sebagai khalifah yang dipercaya Al­lah SWT, kita harus dapat mengelola dan menjaga alam ini. Dengan tidak me­rusaknya, itu menujukan bahwa kita sebagai umat yang bertakwa,” ujar Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Masjid Al-Aziz, belum lama ini.

Maka dari itu, Pemerintah Kota Bandung melalui pro­gram Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan Sampah (Kang Pisman) berupaya mengajak seluruh masyarakat supaya peduli dan peka terhadap kondisi lingkungan.

“Pemkot Bandung terus mengingatkan (pentingnya menjaga lingkungan) ke­pada masyarakat. Melalui Program Kang Pisman, upaya menjaga lingkungan terus digaungkan. Saat ini, ling­kungan dan alam perlu per­hatian lebih dari kita,” tutur­nya.

Tidak hanya itu, Oded mengajak kepada masyara­kat untuk selalu mencintai Alquran. Salah satu ben­tuknya, dengan rajin mem­baca Alquran dan menga­malkan isi kandungannya dalam berkehidupan sehari-hari.

“Banyak cara kita untuk mendapatkan rida Allah, salah satunya dengan men­cintai Alquran. Dengan sering membacanya dan menga­malkannya,” kata Oded.

Mang Oded sapaan akrab Oded M. Danial mempunya mimpi besar. Mimpi itu ada­lah sebanyak 4.000 masjid di Kota Bandung harus memi­liki iman yang hafiz Quran. Sehingga ke depannya, SDM Kota Bandung semakin ung­gul.

“Terutama para penerus bangsa. Anak muda harus mempunyai kemampuan menghafal Alquran. Sehing­ga masjid di Kota Bandung tidak hanya bangunannya saja yang bagus. Namun, imamnya hafiz Quran dan jemaahnya rajin membaca Alquran,” imbuhnya.

Pesan lainnya, Oded meny­ampaikan, membangun Kota Bandung tidak hanya membutuhkan teknologi. Namun, memerlukan SDM yang ungul dari segala bidang. Dengan itu, ia berharap dapat membangun Kota Bandung dengan konsep Allah SWT. Seperti yang disampaikan dalam Alquran surat Alfatir ayat 29.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan