Jelang Pilkada 2020, Polresta Bandung Siapkan Timsus

SOREANG – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, jajaran Polres Kota (Kapol­resta) Bandung akan meng­gelar operasi khusus Man­tap Praja.

Kapolresta Bandung, Kom­bes Pol Hendra Kurniawan, mengatakan pihaknya be­rencana menggelar operasi pengamanan Pilkada 2020 di wilayah Kabupaten Ban­dung. Pengamanan tersebut, direncanakan akan diberi nama operasi Mantap Praja. Apabila pemilihan umum kepala daerah atau legislatif biasanya diberi nama ope­rasi mantap Praja Lodaya.

”Dikaitkan dengan suatu daerah biasanya mengacu pada nama daerah itu apa yang khasnya misalnya di sini kujang atau apa, pasal­nya, kalau di kaitkan den­gan nama tempat, nama orang, dan nama barang tidak bisa di pergunakan,” katanya saat menggelar prescon bersama awak me­dia, belaum lama ini.

Hendra menjelaskan, kon­sep operasi tersebut, nantinya akan ada operasi khusus dengan personel dan ang­garan khusus. Selain itu, waktu pelaksanaannya pun khusus dan sandi-sandi pe­laksana khusus. ”Harapan kita dengan adanya yang khusus-khusus ini penang­anan-penanganan yang muncul pun akan dilakukan secara khusus,” jelasnya.

Sehingga, lanjutnya, pada masa Pilkada nanti, hal yang paling diwaspadai sebagai kerawanan tentunya ke­curangan pelaksanaan Pil­kada dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pelaksa­naan Pilkada. Bahkan, ke­rawanan ini akan dilihat sejak awal masa pendafta­ran hingga masa penetapan, mulai dari DPT ganda dan ada juga warga negara asi­ng sebanyak 13 orang men­jadi pemilih di Kabupaten Bandung.

”Hal tersebut sangat tidak boleh terjadi di Pemilukada 2020 ini. Demikian juga nan­ti dengan politik uang atau money politic atau serangan fajar akan kita antisipasi,” paparnya.

Sementara itu, di lokasi yang berbeda Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi mengatakan, bahwa Polda Jabar beserta jajaran meng­gelar Oprasi Mantap Praja Lodaya 2020 dari tanggal 1 Oktober 2019 sampai deng­an 23 September 2020.

Adapun 7 Kabupaten di Wilayah Hukum Polda Jabar yang melaksanakan Pilkada Serentak, katanya, yakni Ka­bupaten Bandung, Kabupa­ten Karawang, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandara, Kabupaten In­dramayu, Kabupaten Clanjur dan Kabupaten Sukabumi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan