oleh

PAUD Penting Demi Ciptakan Generasi Unggul

BANDUNG – Menteri Pen­didikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyebutkan, Pen­didikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ideal adalah PAUD yang memiliki pendidik dengan betul-betul mencintai anak. Meski sarana prasarana juga penting sebagai penunjang.

”Itu yang terpenting. Hu­bungan kebatinan antara pendidik dan kualitas pendi­dik merupakan yang paling penting. Karena kalau tidak begitu, ujung-ujungnya nan­ti jadi tempat penitipan saja tanpa ada kualitas guru yang baik dan memiliki hubungan batin,” kata Nadiem, usai me­resmikan penggunaan gedung baru PAUD KM “0” Kemen­dikbud, di gedung E lantai dasar, Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Baca Juga:  Ada 20 Orang Reaktif Usai Acara Rizieq Shihab di Megamendung

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki terutama dari sisi sumber daya manusia (SDM), fasilitas, dan kualitas buku-buku.

”Salah satu hal penting dalam SDM adalah adanya sistem penunjang antar pen­didik PAUD, karena di jenjang PAUD tidak bisa hanya be­lajar melalui buku saja, me­lainkan suatu proses ilmiah di mana guru-gurunya harus bereksperimen dan menco­ba hal-hal yang lebih inova­tif,” ujarnya, melalui siaran pers-nya.

Baca Juga:  Kunjungi Dadang Supriatna, Ini Harapan Dede Yusuf kepada Bupati Bandung Terpilih

Dia menambahkan, saat ini harus ada perubahan para­digma mengenai buku baca­an anak.

”Selama ini kita suka me­nentukan anak itu harusnya baca apa padahal sebenarnya paradigma yang lebih penting adalah bagaimana cara agar anak itu mencintai membaca. Jadi sebenarnya harus child driven. Anak harus ditanya ingin baca buku-buku menge­nai apa? Mengenai karakter-ka­rakter favorit mereka, super­hero favorit mereka, komik-ko­mik favorit mereka,” imbuhnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga