Antisipasi Banjir, DPUTR Kabupaten Bandung Akan Bangun Kolam Retensi di Pacet dan Cileunyi

SOREANG – Memasuki musim penghujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) telah melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi datangnya bencana pada penghujan 2019.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Bandung Agus Nuria mengatakan, untuk mengantisipasi bencana banjir, pihan sudah menyiapkan lahan untuk pembuatan embung dan retensi di Kecamatan Pacet dan Cileunyi.

Anggaran ini akan diusulkan baik melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) atau Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat tahun 2020 atau 2021.

Untuk pembangunan Situ Pangkalan di daerah Kamojang Kecamatan Ibun, kolam retensi di Soreang, dan embung di Perumahan Bumi Cibiru yang direncanakan seluas lima hektar.

Agus menjelaskan, beberapa kegiatan melalui 10 Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan 4 UPTD Daerah Aliran Sungai (DAS), juga telah dilakukan untuk menanggulangi banjir.

”Kami terus upayakan normalisasi sungai dan memfungsikan drainase di beberapa kecamatan. Sedangkan untuk saluran irigasi, Alhamdulillah sampai saat ini tidak terjadi kerusakan, ini sudah tersedia DAS sebelumnya,” katanya.

Selain drainase, jalan juga sangat rentan mengalami kerusakan pada musim hujan. Selama ini selalu memprioritaskan pembangunan jalan dibandingkan perbaikan drainase.

”Pertimbanannya karena paling banyak keluhan dari masyarakat itu terkait dengan jalan yang rusak. Namun untuk masa depan, dengan anggaran yang cukup, kita upayakan untuk mengsinkronkan pembangunan jalan beriringan dengan perbaikan drainase,” pungkasnya (yul/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan