Kartu Prakerja Dimulai di Bandung

Kedua kota tersebut sebagai pilot project pemerintah sebelum diluncurkan pada Agustus 2020. “Awal April ada pilot di Jakarta dan Bandung dengan basis aplikasi. April-Agustus 2020 adalah perluasan implementasi di berbagai kota dan launching Agustus,” kata Airlangga di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (10/12).

Program Kartu Prakerja ditargetkan untuk 2 juta orang dengan anggaran Rp 10 triliun di 2020. Target pesertanya pun mulai dari usia 18 tahun ke atas. Pesertanya yang pasti korban PHK, pegawai yang ingin meningkatkan kompetensi, dan bukan pelajar atau masyarakat yang sedang menjalani pendidikan formal.

Kegiatan Kartu Prakerja dibagi oleh tiga jenis, yakni Skilling, Upskilling, dan Re-skilling. Pelatihan Re-skilling (penggantian skill). Adapun beberapa program pelatihan yang akan dibuka antara lain kompetensi digital, lifestyle, fotografi, perawatan, properti, pertanian, penjualan, perbankan, dan bidang-bidang yang dibutuhkan dunia industri.

Airlangga menjelaskan, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 3 juta hingga Rp 7 juta bagi satu peserta. Anggaran tersebut nantinya sebagai biaya pembayaran pelatihan dan akan disesuaikan dengan bidang pelatihan yang diambil. (mg2/yan/drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan