Jelang Libur Nataru KAI Daop II Siapkan Kareta Tambahan

SOREANG – Jelang libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2020, PT KAI Daerah Oprasional (Daop) II Bandung, menyiapkan 90 Kareta Api (KA) Reguler dan 1 KA tambahan. Selain menyediakan KA tambahan, juga mempersiapkan ratusan personel pengamanan Nataru.

Hal itu dikatakan, Wakil Kepala PT KAI Daop II Bandung Hendra Wahyono, menurutnya sepekan jelang liburan Nataru tiket sejumlah kereta api yang disiapkan oleh PT KA Daop II Bandung sudah hampir habis terjual. Terutama KA Mutiara Selatan tujuan Jakarta-Bandung-Surabaya, saat ini okupansinya sudah dipastikan mencapai 100 persen.

”Masa operasi KA angkutan nataru sebenarnya berlangsung pada 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. Namun, pemesanan tiket sudah dibuka sejak 19 November 2019 atau H-30,” Katanya saat konferensi pers di kawasan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Selasa (11/12).

Hendra menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan 90 KA reguler dan 1 KA tambahan untuk masa angkutan nataru tersebut. Dengan begitu selama masa itu, kapasitas tempat duduk harian untuk penumpang setiap harinya mengalami peningkatan sekitar 1 persen dari masa yang sama tahun lalu. Pada 2018 lalu, kapasitas tempat duduk angkutan nataru mencapai 1.191.2097. Sedangkan tahun ini jumlahnya sekitar 1.198.413 tempat duduk.

Hendra mengakui, kenaikan kapasitas tersebut memang tidak sebesar biasanya. Soalnya kali ini PT KA Daop II memang hanya mendapat jatah satu KA tambahan. Dalam kondisi seperti itu, saat ini rata-rata jumlah tiket terpesan untuk sejumlah kereta sudah mencapai 80-100 persen. Selain Mutiara Selatan kelas eksekutif dan bisnis yang sudah penuh, beberapa KA lain yang okupansinya tinggi adalah KA Malabar, Pasundan, Kahuripan dan Kutojaya.

Meskipun demikian, Hendra mengatakan masih ada KA yang tiketnya baru terpesan sekitar 30 persen, sehingga masyarakat masih bisa mendapatkan kursi. KA yang masih kosong tersebut antara lain adalah Lodaya reguler dan nataru tujuan Bandung-Yogyakarta-Solo. Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat yang ingin menggunakan jasa KA pada masa nataru, untuk segera memesan tiket. ”Pemesanan akan terus meningkat menjelang masa libur sekolah dan kantor,”akunya.

Terkait puncak arus penumpang natural, Hendra memprediksi akan terjadi pada 23 Desember 2019 dan 2 Januari 2020 untuk KA utama jarak jauh. Sedangkan untuk KA jarak pendek, puncak akan terjadi pada 31 Desember 2019 dan 1 Januari 2020.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan