Raih Penghargaan TPAKD Award 2019

Upaya tersebut antara lain mengidentifikasi permasalahan, mengidentifikasi dan mengelompokkan potensi setiap daerah, menyusun data ketersediaan infrastruktur, meningkatkan kualitas aparatur pemerintah desa, serta membangun komunikasi antara masyarakat dan pemeritah melalui pemberian data komunikasi kepada setiap Ketua RW.

Adapun Pemda Provinsi Jabar punya program unggulan untuk meningkatkan akses keuangan mulai level perdesaan di antaranya One Pesantren One Product (OPOP) dan One Village One Product (OVOP).

Selain itu, ada program peningkatan akses keuangan lain yang langsung menyentuh masyarakat dengan basis keumatan yakni Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Kredit Mesra), pinjaman tanpa bunga dan agunan yang bisa didapat di tempat ibadah.

“Ada juga program Patriot Desa, milenal ada di desa untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang ekonomi dan yang lainnya,” tambah Uu.

“Jadi, intinya program-program ini adalah untuk menghindari kesenjangan gini ratio pendapatan masyarakat yang terlalu jauh. Mudah-mudahan dengan cara ini ada unsur keadilan ekonomi di Jawa Barat,” ujarnya mengakhiri. (mg1/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan